I Made Aditya Wahyu Palguna (tengah) bersama orangtuanya, I Made Sumerta dan Ni Luh Sumiantari usai menerima penghargaan Adhi Makayasa. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – I Made Aditya Wahyu Palguna (22) merupakan lulusan Akademi Militer terbaik dan meraih penghargaan Adhi Makayasa 2024. Aditya yang berpangkat Letnan Dua Infanteri ini dikenal sebagai pemuda yang cerdas dan ulet.

Ayah Aditya, I Made Sumerta didampingi istrinya Ni Luh Sumiantari, Rabu (17/7) mengatakan anaknya memang diajarkan disiplin sejak dini. Pemuda asal Banjar Tebongkang, Gianyar yang mengawali pendidikan di SDN 3 Singakerta itu bersama 3 saudaranya selalu bangun pagi untuk mengurusi ternak babi milik keluarga yang mencapai ratusan ekor.

Baca juga:  Motor Dinas Atasnama Pribadi, Begini Solusi Dinas PMD Jembrana

Tanggung jawab dalam mengelola peternakan babi tersebut merupakan salah satu contoh kedisiplinan dan keuletan anak nomor dua dari empat bersaudara tersebut.

Aditya yang merupakan alumni SMAN 1 Sukawati ini dikatakan Sumerta merupakan sosok yang cerdas.  Sejak SD, anaknya kerap meraih ranking 1, sementara di SMP dan SMA selalu masuk peringkat lima besar.

“Sebagai orangtua kami tidak pernah menekan keinginan dan cita-cita meniti karir di dunia militer, semuanya berjalan begitu saja,” jelasnya saat dihubungi via telepon karena dia dan istrinya masih berada di Jakarta menghadiri pelantikan Aditya.

Baca juga:  Dari Dugaan Penyimpangan KUR Bank Plat Merah hingga Jokowi akan Kunker ke Jembrana

Aditya memiliki seorang kakak, I Gede Wahyu Arta Wibawa dan dua adik, I Nyoman Satya Wahyu Indraguna dan Ni Ketut Nadya Putri Wahyuni. Sang ayah, Sumerta, sehari-hari mengurus bisnis keluarga, berupa penginapan di Nyuh Kuning, Kabupaten Gianyar. Selain berbisnis, Sumerta juga menjabat sebagai Kelian Adat Banjar Tebongkang, Desa Singakerta, Gianyar. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN