MANGUPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Sobangan, Mengwi, Badung, telah menggelar rangkaian upacara Karya Agung yang meliputi Mamungkah, Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Menawa Ratna, Mepedanan, dan Tawur Balik Sumpah Mandia.

Upacara-upacara ini dilangsungkan di Pura Puseh Gunung Agung Sanggulan, dengan puncaknya bertepatan pada Hari Raya Pagerwesi. Selaku yajamana karya adalah Ida Pandita Mpu Nabe Putra Ananda Prateka Dukuh Prabu dari Griya Pangkung Prabu Tabanan.

Bendesa Adat Desa Sobangan, I Made Oka Suarya, menjelaskan bahwa awalnya, Pura Puseh Gunung Agung Sanggulan hanya diempon oleh 24 kepala keluarga.

Namun, pura tersebut diempon oleh krama Banjar Selat dan Banjar Tengah Desa Adat Sobangan, yang menambah semangat gotong-royong dalam menyukseskan acara Karya Agung ini.

Baca juga:  Besakih Festival 2023, Sarana Mulat Sarira dan Meningkatkan Pelayanan

Acara Karya Agung ini dimulai pada 25 Mei dengan matur piuning dan pewintenan panitia karya. Rangkaian upacara ini akan diakhiri dengan ngeruak bagia pulakerti pada 24 Juli mendatang.

Bendesa Adat Desa Sobangan sekaligus Nayaka Utama Karya ini mengucapkan terima kasih atas dukungan yang terus-menerus diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Melalui semangat gotong-royong dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, diharapkan Upacara Karya Agung ini dapat berjalan lancar dan memberikan berkah bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan ini juga bukan hanya menjadi ajang untuk menunjukkan kekayaan budaya dan keagamaan masyarakat Desa Adat Sobangan, tetapi juga sebagai momen untuk memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan di antara warga desa.

Baca juga:  Dikira Bangkai Tikus, Ternyata Jasad Bayi

Sekretaris Daerah Badung, Wayan Adi Arnawa yang hadir dalam kesempatan menyerahkan bantuan dana hibah Upakara Dewa Yadnya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Induk Tahun 2024 yang disalurkan melalui Dinas Kebudayaan sebesar Rp 1,3 miliar.

Selain itu, secara pribadi, Sekda Adi Arnawa memberikan bantuan sebesar Rp5 juta, sementara I Made Wirata menyumbang Rp3 juta.

Bantuan-bantuan tersebut diterima langsung oleh Bendesa Adat Desa Sobangan disaksikan oleh para undangan serta krama setempat.

Baca juga:  Taati Prokes Saat Lakukan Ini, Personel BNNK Kenakan APD Lengkap

Sekda Adi Arnawa menyatakan komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk terus membangun infrastruktur yang bertujuan meringankan beban masyarakat.

Ia juga berharap bahwa melalui pelaksanaan Karya Agung ini, masyarakat Kabupaten Badung, khususnya di Desa Sobangan, dapat mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan yang lebih baik.

Dengan berlangsungnya Karya Agung ini, Desa Adat Sobangan tidak hanya memperkokoh identitas budaya dan spiritualnya, tetapi juga menunjukkan komitmen bersama dalam melestarikan tradisi leluhur yang sarat dengan nilai-nilai luhur.

Keterlibatan aktif dari masyarakat dan pemerintah dalam acara ini menjadi cerminan dari sinergi yang harmonis demi kemajuan bersama. (Parwata/balipost)

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN