Salah satu tarian dipentaskan saat puncak Panca Wali Krama Pura Mandara Giri Semeru Agung, Sabtu (20/7). (BP/Istimewa)

LUMAJANG, BALIPOST.com – Puncak Panca Wali Krama di Pura Mandara Giri Semeru Agung digelar pada Sabtu (20/7) bertepatan dengan Purnama Kasa. Ribuan umat Hindu dari Jawa dan Bali hadir di upacara itu.

Menurut Manggala Karya, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini dihadiri Penjabat Gubernur Bali, SM Mahendra Jaya dan Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra.

Baca juga:  Surpres Pergantian Ketua KPU Dipercepat

Bahkan, saat puncak karya ini, Pj Gubernur Bali berkesempatan mundut Ida Bhatara Lingsir tedun dari Padma Naba menuju Peselang.

Umat, dikatakan pria yang akrab disapa Cok Ace itu, khusyuk mengikuti seluruh rangkaian upacara yang berakhir pukul 13.00 WIB. Selama acara berlangsung, juga dipentaskan beberapa tarian wali yang merupakan tarian wali dari Bali dan Tengger.

“Ida Bhatara akan nyejer selama 15 hari, dan setiap hari akan dilaksanakan bakti penganyar oleh pemkab/kota se-Bali dan beberapa kabupaten di Jawa Timur secara bergantian,” jelasnya.

Baca juga:  Mesin Jetski Mati, Dua Orang Terombang-ambing Semalaman

Ia pun meminta umat dari Bali yang bersembahyang ke Pura Mandara Giri bisa menyesuaikan jadwal dari kabupaten/kota. (kmb/balipost)

BAGIKAN