Bupati Karangasem, I Gede Dana, secara resmi menandai dimulainya Gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 di TK Negeri Pembina Karangasem, Selasa (23/7). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem, I Gede Dana, secara resmi menandai dimulainya Gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 dengan meneteskan vaksin polio pada seorang anak di TK Negeri Pembina Karangasem, Selasa (23/7). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah memastikan semua anak di Karangasem mendapatkan imunisasi polio guna melindungi mereka dari penyakit polio yang berbahaya.

Kegiatan yang dimulai tepat pada pukul 07.00 WITA ini disambut antusias oleh para orangtua dan masyarakat setempat. Bupati Gede Dana turun langsung memantau pelaksanaan imunisasi di berbagai kecamatan untuk memastikan kegiatan berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga:  Pelaku Illegal Logging Serahkan Diri ke Polsek Rendang

Bupati Gede Dana mengungkapkan, kalau pentingnya imunisasi polio dalam memberikan perlindungan kepada anak-anak. Kata dia, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Karangasem, jumlah sasaran estimasi untuk PIN Polio ini adalah 61.710 anak usia 0-7 tahun.

Sementara, jumlah sasaran riil di Kabupaten Karangasem mencapai sekitar 40.044 anak dengan target capaian minimal 95 persen untuk membentuk herd immunity sehingga anak-anak menjadi kebal terhadap virus polio.

“Terdapat sekitar 600 pos pelayanan PIN Polio yang tersebar di Posyandu, Puskesmas, Sekolah Dasar, TK, PAUD, dan pos-pos pelayanan lainnya. Imunisasi polio sangat penting untuk menjaga kesehatan anak-anak kita dari penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan,” ujarnya.

Baca juga:  Bupati Buat Surat Edaran Rujukan Pasien Puskesmas Wajib ke RSUD Karangasem

Gede Dana mengatakan polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus, yang ditularkan melalui air atau makanan yang terkontaminasi. Imunisasi polio adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

“Imunisasi polio diberikan secara oral dengan dua tetes vaksin di mulut anak. Kami mengajak seluruh orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam program ini. Dan mari kita bawa anak-anak kita ke Posyandu, Puskesmas, atau pos pelayanan imunisasi lainnya agar mendapatkan vaksin polio. Bersama-sama kita wujudkan Karangasem yang sehat dan bebas polio,” ajaknya.

Baca juga:  Pengungsi di Tejakula Dihibur Joged Bungbung

Dia menjelaskan, gerakan PIN Polio ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional dan akan berlangsung dalam dua putaran. Putaran pertama mulai dari 23-29 Juli 2024, dan putaran kedua dari 6-12 Agustus 2024. Sasaran imunisasi adalah anak usia 0-7 tahun (7 tahun, 11 bulan, 29 hari). (Adv/balipost)

BAGIKAN