Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat dan serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (pati) di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 17 pati Polri mengikuti upacara kenaikan pangkat dan serah terima jabatan (sertijab) di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (29/7).

Upacara dipimpin Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. “Hari ini ada dua acara serah terima jabatan PJU Kapolda dan korps raport atau kenaikan pangkat. Untuk PJU yang hari ini serah terima ada Kadiv Propam. Untuk Kapolda, ada Kapolda Sumatra Utara, Kapolda Bangka Belitung, Kapolda Bali, Kapolda Bengkulu, Kapolda Kaltara, Kapolda Maluku serta satu pejabat utama pejabat utama yang alih tugas, yaitu staf Ahli Kapolri,” Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Baca juga:  Selain UPTD PAM PUPRKIM Bali Jaksa Juga Geledah Rekanan

Adapun daftar pergantian pejabat untuk posisi Kadiv Propam Polri dan Kapolda:
1. Kadiv Propam Polri: Komjen Pol. Syahardiantono digantikan oleh Irjen Pol. Abdul Karim.
2. Kapolda Banten: Irjen Pol. Abdul Karim digantikan oleh Irjen Pol. Irjen Pol. Suyudi Ario Seto.
3. Kapolda Sumatera Utara: Komjen Pol. Agung Setya Imam Effendi digantikan oleh Irjen Pol. Whisnu Hermawan Februanto.
4. Kapolda Bangka Belitung: Irjen Pol. Tornagogo Sihombing digantikan oleh Irjen Pol. Hendro Padowo.
5. Kapolda Maluku: Irjen Pol. Lotharia Latif digantikan oleh Irjen Pol. Eddy Sumitro Tambunan.
6. Kapolda Jawa Tengah: Komjen Pol. Ahmad Luthfi digantikan oleh Irjen Pol. Ribut Hadi Wibowo.
7. Kapolda Kalimantan Utara: Irjen Pol. Daniel Adityajaya digantikan oleh Irjen Pol. Hary Sudwijanto.
8. Kapolda Bali: Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra digantikan oleh Irjen Pol. Daniel Adityajaya.
9. Kapolda Bengkulu: Irjen Pol. Armed Wijaya, kini digantikan oleh Irjen Pol. Anwar.

Baca juga:  Ditangkap, Belasan Penyalahguna BBM di 6 Wilayah

Terkait jabatan Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi digantikan karena dimutasi untuk penugasan di luar struktur, yaitu di Kementerian Perdagangan.

Sedangkan untuk upacara korps raport, mantan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi mendapatkan kenaikan pangkat dari jenderal bintang dua atau inspektur jenderal (irjen), menjadi jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal (komjen).

Selain itu, kata Dedi, ada tambahan enam korps raport yang mendapatkan kenaikan pangkat dari kombes ke pati atau bintang satu.

Baca juga:  Kapolri: Tidak Boleh Ada Polarisasi Pada Pemilu 2024

Kapolri mengangkat beberapa pati sebagai kapolda baru melalui mutasi dan rotasi 157 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) sebagai langkah penyegaran organisasi.

Mutasi para pati dan pamen itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Pol. Dedi Prasetyo pada Jumat (26/7). (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN