Seorang pengendara melintas disekitar proyek pembangunan ruang kelas SMPN 14 Denpasar. Pembangunan sembilan ruang kelas ini mengambil anggaran sekitar Rp4,3 miliar rupiah dari APBD induk 2024. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tiga tahun beroperasi, SMPN 14 Denpasar kembali menambah gedung baru dengan 9 ruang kelas. Pembangunan gedung yang tengah berlangsung ini dianggaran Rp4,3 miliar dari APBD Induk 2024 . Sebelumnya, SMPN yang berada di Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur ini hanya memiliki 14 ruang kelas.

Kepala Disdikpora Kota Denpasar, Anak Agung Gde Wiratama, Kamis (1/8) mengungkapkan, penambahan ruang kelas baru (RKB) di SMPN 14 Denpasar sebagai pemenuhan kebutuhan karena ada penambahan siswa baru. Idealnya kata dia SMP tersebut memiliki 23 ruang kelas.

Baca juga:  Mantan Sekwan Denpasar Divonis Setahun

Dengan ditambah 9 kelas lagi, maka kekurangan itu bisa terpenuhi. “Masih kurang 9 kelas lagi. Idealnya mereka punya 23 kelas, dulu kan dibangun bukan hanya untuk ruang kelas saja tetapi ruang guru dan fasilitas lainnya,” jelas Agung Wiratama.

Menurutnya, proses pembangunan gedung baru ini sudah berlangsung dari bulan Mei 2024 yang ditarget selesai pada bulan November atau Desember 2024. Gedung baru yang dibangun untuk 9 ruang kelas tersebut berlantai tiga. Hal itu dilakukan agar tidak memakan tempat yang lebih luas. Apalagi, saat ini bangunan di SMPN 14 Denpasar rata-rata ber lantai tiga. “Kami anggarkan Rp4,3 miliar untuk pembangunan ruang kelas baru. Dananya bersumber dari dana induk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Denpasar,” terangnya.

Baca juga:  Kapolda Resmikan Polsek Denut

Menurut Gung Wiratama, selain pembangunan gedung di SMPN 14 Denpasar, pihaknya juga membangun 12 gedung baru untuk SD. Sebanyak 11 gedung bersumber dari APBD dan 1 SD di danai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN. (Widiastuti/bisnisbali)

BAGIKAN