Uji coba makan siang gratis untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Buleleng, tepatnya di Sekolah Negeri 2 Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng pada Jumat (2/8). (BP/yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Uji coba makan siang gratis untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Buleleng, tepatnya di Sekolah Negeri 2 Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng pada Jumat (2/8). Program makan siang gratis yang merupakan program Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka ini digagas langsung Relawan Nyama Gibran Bali.

Ketua Nyama Gibran Bali, Dewa Nyoman Sukrawan menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk mengawal program unggulan Prabowo-Gibran. Sebanyak 154 siswa diberikan makan gratis dengan menu yang sudah disiapkan oleh para relawan sendiri. “Jadi proses ini berjalan lancar,kita berikan makan yang cukup sesuai dengan empat sehat lima sempurna. Ada lauk pauk, ada buah hingga susu,” terang Sukrawan.

Baca juga:  Diuji Coba, Dua Bulan Central Parkir Ubud Gratis

Sukrawan menyebut, pendanaan kegiatan ini bersumber dari swadaya dari Relawan Nyame Gibran Bali untuk membeli makanan dari pelaku UMKM terdekat. Selain itu juga, pihaknya merencanakan membuat ketentuan khusus dengan pelaku UMKM agar makanan yang disediakan lebih higienis.

“Nantinya kita akan buat persyaratan khusus dengan UMKM penyedia. Yang jelas makanan bersih dan higienis. Selain itu dekat dengan sekolah yang dituju agar tidak basi,” terangnya.

Hingga kini pihaknya berencana memprioritaskan sekolah-sekolah yang ada di beberapa daerah untuk sasaran makan gratis selanjutnya. Dalam waktu dekat juga, Sukrawan mengaku akan meminta data ke Disdikpora Buleleng untuk sasaran makan siang gratis selanjutnya.

Baca juga:  Dishub Tabanan Pasang Mesin E-Parkir

“Kami akan minta data di Pemerintah Daerah. Kita langsung akan lakukan sampling. Sekolah-sekolah mana yang masih kategori kurang mampu. Kita langsung turun kesana untuk menyalurkan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa yang turut hadir dalam penyaluran makan gratis menyebut kegiatan yang digagas oleh Nyame Gibran Bali ini sangat positif bagi peserta didik yang ada. Meski sejauh ini belum ada arahan khusus dari Pemerintah Pusat, setidaknya Pemerintah Provinsi Bali sudah mempunyai bayangan untuk makan gratis ini.

Baca juga:  Taksi Terbang Akan Diuji Coba OIKN

“Mengawali apa yang nantinya jadi program Pemerintah selanjutnya, kami harapkan dengan adanya program makan gratis dengan makanan cukup gizi itu akan menambah fokus anak dalam kegiatan belajar. Kami harap ini supaya berlanjut terus,” terangnya.

Ke depan pihaknya pun akan melakukan koordinasi bersama Disdikpora Kabupaten Buleleng untuk tenis dan prosedur dalam pemberian makan gratis. Itu Pun nantinya akan diawali dari jenjang Sekolah Dasar, dilanjutkan dengan Sekolah Menengah Pertama dan nantinya SMA/SMK. (Nyoman Yudha/balipost)

 

BAGIKAN