Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Pitra Yadnya Atma Wedana di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Pitra Yadnya Atma Wedana di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem yang dilaksanakan pada tiga lokasi diantaranya di Warga Tutuan Batur Kelod Kauh Angantelu Kecamatan Manggis, Karya Pitra Yadnya Atma Wedana Nuntun dan Ngenteg Linggih Dadia Penataran Mantri Tianyar Pratisentana Sira Arya Gajah Para Banjar Kelod Desa Antiga Kecamatan Manggis, Karya Atiwa-Tiwa dan Atma Wedana Kasada Pasek Telengan Banjar Telengan Desa Gegelang Kecamatan Manggis, Selasa (6/8).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut tokoh masyarakat yang juga sebagai anggota DPD Bali terpilih Komang Merta Jiwa, tokoh muda sekaligus anggota DPRD Badung Bima Nata, Camat Manggis, Bendesa Adat Gegelang serta krama pemilik sawa.

Baca juga:  Usut Koper Misterius, Polisi Kantongi Ciri-ciri Pemiliknya

Sebagai bentuk motivasi dan perhatian Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana pribadi di masing-masing lokasi sebesar Rp50 juta dan total bantuan dana yang diserahkan sebesar Rp150 juta.

Dalam sambrama wacananya Bupati Badung Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan dukungan atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan Krama setempat dalam melaksanakan Upacara Pitra Yadnya Atma Wedana lan Nyekah. Pihaknya sangat mendukung dan berharap upacara ini berjalan dengan lancar dan baik, disamping itu pula diharapkan kepada krama yang memiliki sawa agar betul-betul mengikuti jalannya upacara, mulai dari awal hingga ngelinggihang di Merajan serta harus didasari atas hati yang tulus ikhlas.

Baca juga:  Dari Tersangka Pembunuhan Agung Mirah Ditangkap hingga Korban Jiwa Ketiga Dikremasi

“Dalam pelaksanaan karya (upacara) atiwa-tiwa, atma wedana dan sawa prakerti ini, beberapa hal yang patut dipahami, mulai dari murwa daksina dengan menggunakan sapi gading atau sapi selem batu, yang akan menghantarkan atma menuju surga. Upacara ini dapat diikuti oleh semua keluarga sebagai tanggung jawab serta wujud bakti kepada leluhur yang diupacarai dan saya berharap, dudonan serta rangkaian karya yadnya ini berjalan dengan lancar labda karya, sida sidaning don,” harapnya.

Sebagai informasi Karya Atma Wedana ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, dimana pada Karya Pitra Yadnya Atma Wedana Warga Tutuan Batur Kelod Kauh Angantelu Kecamatan Manggis diikuti jumlah sawa 101 serta masing-masing sawa dikenakan urunan sebesar Rp2,5 juta per KK.

Baca juga:  Nyepi, Bandara Ngurah Rai Tutup 24 Jam

Untuk Karya Pitra Yadnya Atma Wedana Nuntun dan Ngenteg Linggih Dadia Penataran Mantri Tianyar Pratisentana Sira Arya Gajah Para Banjar Kelod Desa Antiga Kecamatan Manggis diikuti jumlah sawa sebanyak 74 sawa dan urunan sebesar Rp1 juta per KK, Karya Atiwa-Tiwa. Sedangkan Atma Wedana Kasada Pasek Telengan Banjar Telengan Desa Gegelang Kecamatan Manggis diikuti 254 sawa, 246 metatah, ngelungah 32 serta urunan per sawa sebesar Rp9,5 juta. (Adv/balipost)

BAGIKAN