JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo menerima surat-surat kepercayaan dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/8).

Kesepuluh dubes tersebut, yakni Dubes Brunei Darussalam untuk Indonesia, Dubes Republik Kuba untuk Indonesia, Dubes Tunisia untuk Indonesia, Dubes Rusia untuk Indonesia, Dubes Bulgaria Untuk Indonesia, Dubes Papua Nugini Untuk Indonesia, Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Dubes Lithuania berkedudukan di Singapura, Dubes Makedonia Utara berkedudukan di Canberra, dan Dubes Slovenia berkedudukan di Canberra.

Baca juga:  Busana Adat dan Endek Bali Jadi Media Promosi Pariwisata di Ajang KTT G20

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretariat Kabinet Pramono Agung.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh beberapa duta besar tersebut, tercermin komitmen yang kuat untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia.

Brigadir Jenderal Purnawirawan Dato Seri Pahlawan Haji Abdul Razak bin Haji Abdul Kadir selaku Duta Besar Brunei Darussalam untuk Indonesia, merasa terhormat bisa berada di Jakarta. Ia pun menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Brunei Darussalam yang telah terjalin dengan baik selama 40 tahun.

Baca juga:  Gerindra Tengarai Ada Upaya Pilpres 2019 Hanya Calon Tunggal

Duta Besar Republik Bulgaria untuk Indonesia Tanya Dimitrova, juga merasa terhormat bisa merepresentasikan negaranya di Indonesia. Ia pun mengatakan akan melakukan upaya terbaiknya untuk memperdalam hubungan kedua negara.

Sementara itu, Kamala Shirin Lakhdhir selaku Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, merasa seperti pulang ke rumah ketika ia ditugasi untuk menjadi Duta Besar AS bagi Indonesia. Hal tersebut dikarenakan ia pernah bertugas di Indonesia pada kurun waktu 1994-1996.

Baca juga:  Presiden Jelaskan "Micro Lockdown," Daerah Diminta Lakukan Pemetaan Detail

Ia pun merasa terhormat berada di Indonesia, utamanya karena AS dan Indonesia memperingati 75 tahun hubungan diplomatiknya pada tahun ini.

Sementara itu Duta Besar Republik Lituania untuk Indonesia Darius Gaidys, ingin mendorong peningkatan hubungan bisnis dan perdagangan dengan Indonesia. Ia pun berharap bisa mendorong lebih banyak perusahaan dari negaranya untuk berbisnis di Indonesia. (Agung Dharmada/balipost)

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN