Petugas dan warga mengevakuasi WN Rusia yang terjatuh ke jurang saat menuruni Bukit Terunyan. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Seorang warga negara asing (WNA) asal Rusia berinisial IK (35) jatuh ke jurang saat menuruni Bukit Terunyan, Kintamani. Ia berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam kondisi sadar, Senin (12/8) pagi.

Berdasarkan informasi, korban terjatuh ke jurang Minggu (11/8) sore sekitar pukul 17.00 WITA. Saat itu korban bersama delapan anggota rombongan pendakian lainnya sedang menuruni Bukit Terunyan.

Baca juga:  Desa Adat Penglipuran Jaga Kelestarian Hutan Bambu

Anggota rombongan lainnya yang mengetahui salah satu temannya hilang kemudian melapor ke pos pemandu. Selanjutnya warga bersama kelompok sadar wisata (Pokdarwis) desa setempat langsung berupaya melakukan pencarian di sekitar lokasi korban terjatuh.

“Saat pencarian hanya ditemukan HP. Sementara korban belum ditemukan,” ungkap Babinsa Desa Terunyan I Wayan Asli, Senin (12/8).

Karena hari sudah mulai gelap upaya pencarian saat itu terpaksa dihentikan. Pencarian kemudian dilanjutkan Senin pagi oleh petugas SAR gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD Bangli dan masyarakat.

Baca juga:  Tim SAR Gabungan Evakuasi Enam Jenazah Korban Pesawat PK-SMW

Korban akhirnya berhasil ditemukan sekitar pukul 09.00 WITA. Proses evakuasi berlangsung cukup lama. Karena medan yang terjal dan kondisi korban yang tidak bisa berjalan, petugas baru bisa membawa korban sampai di desa sekitar pukul 12.00 WITA.

Kapolsek Kintamani Kompol I Nengah Sukerna dikonfirmasi mengatakan korban berhasil ditemukan di pertengahan Bukit Terunyan dalam keadaan hidup dan sadar. Korban dibawa ke RS Siloam Denpasar untuk mendapat pertolongan. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Nekat Nyeberang Muara saat Arus Deras, Warga Tewas Terseret Arus
BAGIKAN