GIANYAR, BALIPOST.com – Berbagai kegiatan dilakukan di Gianyar melibatkan generasi Z serangkaian menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Salah satunya rutin menggelar lomba gerak jalan indah dan gerak jalan ketepatan waktu tingkat SD, SMP, dan SMA dan SMK se-Kabupaten Gianyar untuk memupuk semangat nasionalisme.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar, I Wayan Wirasa, Senin (12/8) mengatakan pelaksanaan aneka lomba semarak HUT Kemerdekaan di antaranya menggalang persatuan dan kesatuan, memupuk rasa nasionalisme serta meningkatkan kerjasama di kalangan remaja dan pelajar menuju Nusantara Baru Indonesia Maju.

Baca juga:  Sambut HUT ke-79 RI, Lomba Menjunjung Sokasi Digelar di Tembuku

Dia memberikan ruang bagi sekolah untuk menggelar aneka lomba sejak 5 Agustus hingga 17 Agustus 2024 asalkan tidak sampai mengganggu jam efektif sekolah. Hal ini perlu disemarakkan lagi agar generasi Z  Gianyar berperan dalam mengamalkan nilai-nilai perjuangan di hari kemerdekaan.

Sementara itu Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa mengatakan kegiatan dalam memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan guna memupuk jiwa sportif yang patut ditanamkan dan diteladani oleh anak muda Bali. Seperti nilai kebersamaan, kekompakan, heroik dan disiplin.

Baca juga:  Dua Tuna Netra di Bangli Tinggal di Gubuk Terpal Viral di Medsos, Dinsos Sebut Sudah Dibantu Bedah Rumah

Nilai-nilai tersebut merupakan jiwa nasionalisme yang mengandung rasa persatuan dan kesatuan yang dapat berguna bagi diri sendiri, orang lain dan bagi nusa dan bangsa.

Nilai nilai tersebut harus kita tanamkan kepada peserta didik untuk mempersiapkan generasi penerus yang mampu mengekspresikan sikap perilaku jati dirinya yang luhur, dengan harapan dapat tercipta generasi penerus perjuangan dan pembangunan bangsa. (Wirnaya/balipost)

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN