Bupati Jembrana I Nengah Tamba. (BP/Dokumen)

NEGARA, BALIPOST.com – Dukungan untuk pasangan bakal calon kepala daerah, I Nengah Tamba – I Made Suardana untuk Pilkada Jembrana 2024 bertambah. Setelah dari Golkar dan Demokrat, paket Paslon Bupati dan Wakil Bupati ini mendapat dukungan dari Partai Gerindra.

Rekomendasi dari Partai Gerindra diserahkan kepada Paslon ini Minggu (11/8) malam. Dengan demikian, head to head dipastikan akan terjadi ketika PDIP yang memiliki 15 kursi DPRD, menelurkan calon. Sisa dua parpol, PKB dan PPP yang memiliki total 4 kursi akan berlabuh dimana.

Ketua DPC Gerindra Jembrana, I Kade Darma Susila, Senin (12/8) mengatakan dengan telah turun rekomendasi dari DPP Gerindra untuk Tamba-Suardana, sudah menjadi kewajiban koalisi, termasuk Gerindra berupaya mengamankan dan memenangkan kandidat yang direkomendasi.

Baca juga:  Groundbreaking PT Mitra Prodin di Jembrana, Investasi Ratusan Miliar dan Serap Ribuan Naker

Terkait dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), ia mengatakan masih berkomitmen. Termasuk dengan PKB dan PPP yang sebelumnya tergabung dalam Koalisi Jembrana Maju (KJM), menurutnya komunikasi terus dijalin. Namun, komunikasi juga tergantung di pusat yang menentukan rekomendasi.

Meskipun tidak menelurkan calon dari kader, namun sudah menjadi komitmen jajaran Gerindra untuk melepaskan ego sektoral demi kepentingan lebih besar. Gerindra menurutnya ingin agar ada percepatan ekonomi di Jembrana. Salah satu langkah, dengan mendatangkan investasi baik pihak ketiga maupun program kebijakan pusat yang akan dikerjakan di Jembrana. “Sudah jelas pak Prabowo (Presiden RI terpilih), ada 1.500 hektar lahan yang akan dimanfaatkan untuk kemajuan Jembrana,” kata Darma Susila.

Baca juga:  Anggaran Kampanye Setiap Paslon Dibatasi Rp 15 Miliar

Koalisi akan menggelar deklarasi dalam waktu dekat setelah HUT RI, 17 Agustus. Termasuk pembentukan komando tim pemenangan dan dapat ditindaklanjuti seluruh kader partai.

Dengan rekomendasi ini, kursi koalisi sudah lebih dari PDIP yang memiliki 15 kursi. koalisi total sudah 16 kursi, di antaranya Golkar dan Demokrat 6 kursi ditambah Gerindra 4 kursi. PDIP sepertinya sudah mantap dengan paket I Made Kembang Hartawan (Ketua DPC PDIP Jembrana)  dan I Gede Ngurah Patriana Krisna (Wakil Bupati Jembrana). Namun masih menunggu rekomendasi dari DPP.

Baca juga:  Polisi Amankan Pasangan Pembuang Orok di Pantai Pebuahan

Ketua DPC PDIP Jembrana, I Made Kembang Hartawan terkait hal ini melalui pesan singkat mengatakan masih menunggu rekomendasi dari partai-partai lain.

Sekedar diketahui, beberapa partai belum menentukan sikap seperti PKB dan PPP. Dengan perhitungan jumlah kursi DPRD, dimana minimal 7 kursi parpol atau gabungan parpol untuk mendukung Paslon, dapat dipastikan head to head dalam Pilkada Jembrana. Poros petahana dengan poros PDIP. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN