Kondisi WNA saat ditemukan pihak kepolisian dan warga setempat. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Seorang warga negara asing (WNA), Alhindi Nawaf Ibrahim, dilaporkan tersesat saat tracking di Tukad Tista, Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung. Pencarian wisatawan asal Arab Saudi itu melibatkan pihak kepolisian dari Polsek Dawan, setelah dilaporkan warga setempat.

Petugas kepolisian dari Polsek Dawan bersama warga kemudian melakukan pencarian.

Kapolsek Dawan AKP I Gede Budiarta, Senin (13/8), mengatakan bersama perwira pengawas Ipda I Dewa Gede Wiasa, setelah mendengar informasi itu segera mendatangi TKP, guna melakukan upaya penyelamatan. Petugas dan warga berbagi tugas untuk melakukan pencarian dan berkolaborasi dengan personel dari Polres Klungkung dan masyarakat setempat.

Baca juga:  Di Denpasar, PMI Positif COVID-19 Terbaru Sudah Tiba 3 Minggu Lalu dan Lolos Karantina Mandiri

“Berawal dari mendapatkan pengaduan melalui Call Center 110, bahwa wisatawan tersebut menerangkan dirinya tersesat saat tracking menuju Tukad Tista. Dia memberikan titik koordinat terakhir dan posisinya dekat dengan air terjun Desa Besan,” terang kapolsek.

Berdasarkan informasi tersebut, kapolsek pun segera berkoordinasi dengan Perbekel Desa Besan dan beberapa masyarakat lokal terkait akses menuju lokasi TKP sesuai titik koordinat terakhir yang dikirim melalui call center tersebut. Pengecekan berulang di lapangan dan akhirnya diperoleh keterangan warga lokal bahwa akses menuju lokasi sangat sulit dan juga kondisi gelap.

Baca juga:  Pembunuh WNA Belanda Diburu ke Lampung

Sehingga tim menemui kendala untuk melakukan evakuasi. Karena medan sangat berisiko, diputuskan kegiatan pencarian dihentikan, Minggu (12/8) malam.

Pencarian akhirnya dilanjutkan keesokan harinya, untuk memastikan medan menuju lokasi tetap aman dilalui. Setelah pencarian dilanjutkan, Senin (13/8), wisatawan tersebut akhirnya bisa ditemukan oleh tim gabungan yang dipimpin Kapolsek Dawan.

“Kami berkolaborasi dengan warga setempat dan untuk selanjutnya WNA tersebut. Akhirnya dia bisa ditemukan dalam kondisi selamat. Selanjutnya WNA ini diantar ke Kantor Desa Besan,” tegasnya. (Bagiarta/Balipost)

Baca juga:  Siswa di Klungkung Belajar di Rumah Sampai 30 Maret
BAGIKAN