Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyerahkan rekomendasi sejumlah paket yang diusung dalam Pilkada 2024, Rabu (14/8). (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – PDI Perjuangan mengumumkan bakal pasangan calon yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Rabu (14/8), dipantau daring di kanal YouTube PDI Perjuangan, mengatakan terdapat 305 daerah yang telah diumumkan bapaslonnya. Terdiri dari 13 Provinsi dan 292 kabupaten/kota.

Di antara ratusan bapaslon yang diusung PDIP itu, paket untuk Provinsi Bali dan Daerah Khusus Jakarta belum diumumkan.

Hasto mengingatkan, sesuai dengan arahan dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, pilkada merupakan momentum konsolidasi. Pilkada sekaligus untuk memperkuat kaderisasi kepemimpinan melalui sekolah partai.

Pilkada juga menjadi wahana dalam membangun komitmen untuk menyelesaikan masalah rakyat dan merancang masa depan berdasarkan gagasan dan cita-cita perjuangan pendiri bangsa, Bung Karno.

”Proses kaderisasi yang telah berjalan secara sistemik membuahkan hasil dengan semakin banyaknya kader PDI-P yang menjadi calon kepala daerah/wakil kepala daerah,” ujarnya.

Baca juga:  Dedikasi Seni Budaya, 21 Seniman Terima Wija Kusuma

Sehari sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta seluruh kadernya untuk selalu menjaga kedisiplinan, soliditas dan selalu bergerak bersama menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024.

Megawati dalam rapat koordinasi dengan Badan Saksi Pusat Nasional (BSPN) dan Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta juga meminta kader dan pengurus partai berlambang banteng moncong putih itu agar disiplin menjalankan arahan partai.

“Disiplin, solid, kolektif, dan menjaga nama partai,” kata Megawati dilansir dari Kantor Berita Antara.

Selain itu, Presiden Ke-5 RI itu meminta kader PDIP agar membangun ikatan (bonding) dengan turun ke akar rumput untuk menyerap aspirasi masyarakat. “Disiplin setiap hari, setiap hari, setiap hari,” ujarnya.

Baca juga:  Adi Wiryatama Siap Jadi Ketua Timses KBS-Ace

“Saya selalu menyampaikan instruksi ini. Kerja, turun ke bawah. Bangun bonding dengan rakyat. Yakinkan rakyat,” tegas Megawati.

Megawati menekankan bahwa PDIP sangat serius menghadapi Pilkada Serentak 2024. “Bergerak bersama menghadapi Pilkada Serentak 2024,” tambahnya.

Tidak hanya memberi arahan, Megawati juga melakukan tanya jawab dengan peserta rapat dan menanyakan kesiapan mereka menghadapi pilkada yang akan digelar serentak pada 27 November 2024. Usai tanya jawab, Megawati menutup dengan sebuah pernyataan dan pertanyaan.

“Kalian harus selalu turun ke bawah, bonding dan memenangkan pilkada. Sanggup?” tanya Megawati.

“Sanggup,” jawab peserta rapat secara kompak.

“Dengarkan apa yang menjadi aspirasi rakyat,” pungkas Megawati. (Diah Dewi/balipost)

Berikut nama 13 bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang maju dalam Pilkada 2024:

Baca juga:  Gubernur Koster Sebut Per Hari Ribuan Wisman Kunjungi Bali

1. Provinsi Aceh, Muzakir Manaf

2. Sumatera Utara, Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Edy Rahmayadi

3. Riau, Abdul Wahid dan SF Herianto

4. Bengkulu, Helmi Hasan dan Mian

5. Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Musyafirin

6. Sulawesi Utara, Steven Kandouw

7. Kalimantan Tengah, Nadalsyah Koyem dan Sigit Yunianto

8. Kalimantan Timur, Isran Noor dan Hadi Mulyadi

9. Sulawesi Selatan, Ramadhan Pamanta dan Azhar Arsyad

10. Sulawesi Tenggara, Lukman Abu Nawas dan Laude Ida

11. Papua Barat/Bapua Barat Daya, Letjen TNI Purnawirawan Yopi Ones dan Ibrahim Ugaje

12. Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura dan Mayor Jenderal TNI Purnawirawan Agusto

13. Maluku, Letjen Jenderal TNI Purnawirawan Jeffrey A. Rahawarin dan Abdul Mukti Keliobas

 

BAGIKAN