BANGLI, BALIPOST.com – Banjar Adat Tegal di Kelurahan Bebalang, Bangli sedang mempersiapkan upacara pitra yadnya atau ngaben massal. Sebanyak 95 sawa akan diupacarai dalam upacara massal yang rencananya dilaksanakan pada 24 Agustus mendatang.

Berbagai persiapan sudah dilakukan krama banjar adat setempat secara bergotong royong sejak Mei lalu. Persiapan upacara dipusatkan di bale suka duka Banjar Adat Tegal.

Kelian Banjar Adat Tegal, Putu Ganda Wijaya mengatakan ngaben massal di Banjar Adat Tegal sebelumnya rutin dilaksanakan tiap 10 tahun sekali.

Baca juga:  Desa Adat Yehembang Kauh Gelar Pasraman Pemangku, Srathi, dan Prajuru

Sejak 2017, waktu pelaksanaan ngaben dipersingkat menjadi 7 tahun sekali. Ke depannya, sudah atas kesepakatan warga ngaben massal akan dilaksanakan tiap lima tahun sekali.

Upacara ngaben massal di Banjar Adat Tegal tahun ini juga akan dirangkaikan dengan upacara mamukur yang totalnya diikuti 123 peserta. Upacara mamukur dijadwalkan digelar pada 4 September.

Upacara ini dilaksanakan dengan tingkatan utama.

Selain meringankan biaya, upacara ngaben dan mamukur massal juga dirasakan sangat efektif untuk memupuk semangat gotong royong, solidaritas, dan kerukunan antar warga. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Ungkap Kasus Lebih Banyak di Operasi Antik, Kapolresta Justru Bersedih Karena Ini

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN