Kepala BPJamsostek Cabang Bali Denpasar Cep Nandi Yunandar. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Guna memaksimalkan cakupan kepesertaan jaminan sosial Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilibatkan menjadi agen Perisai.

Kepala BPJamsostek Cabang Bali Denpasar Cep Nandi Yunandar, Senin (26/8) mengatakan pihaknya berharap keterlibatan BUMDes semakin mendekatkan masyarakat atau pekerja dengan lembaga jaminan sosial.

Selain itu lewat berbagai ajang seperti pemberian penghargaan diharapkan mampu menjadi penambah semangat bagi seluruh pihak untuk saling bersinergi mewujudkan universal coverage jaminan sosial tenaga kerja.

Baca juga:  Bupati Suwirta Dorong Keterlibatan BUMDes dalam Pariwisata

Ia mengutarakan terwujudnya jangkauan yang lebih luas ini memerlukan sinergi dan komitmen bersama dari seluruh stakeholders, yakni kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan pelaku usaha.

Diharapkan pemerintahan daerah bisa meningkatkan perlindungan secara kontinyu.

Khusus pekerja informal, ia mengungkapkan di Kabupaten Badung pihaknya menyasar pekerja rentan. Bahkan terdapat program 1 desa 100 pekerja rentan yang dicover Pemkab Badung selama enam bulan untuk menjadi peserta.

Baca juga:  Diduga Korban "Pishing," Ratusan Juta Raib dari Rekening Anggota DPRD Klungkung

Sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengapresiasi seluruh stakeholder yang berkontribusi dalam melahirkan dan mengimplementasi jaminan sosial ketenagakerjaan. Penghargaan dinilainya bisa menjadi motivasi dalam meningkatkan upaya perlindungan jaminan sosial.

“Ini sebagai satu instrumen untuk memotivasi kita semua baik pemerintah dan badan usaha untuk terus meningkatkan peran dalam memberi perlindungan sosial kepada tenaga kerja,” ujarnya (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN