Bakal pasangan calon (bapaslon) bupati Karangasem I Gede Dana dan wakil bupati I Nengah Swadi (Nadi) secara resmi mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem di hari terakhir pendaftaran, pada Kamis (29/9). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bakal pasangan calon (bapaslon) bupati Karangasem I Gede Dana dan wakil bupati I Nengah Swadi (Nadi) secara resmi mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem di hari terakhir pendaftaran, pada Kamis (29/9). Paket Nadi maju ke hajatan politik lima tahun didukung sebanyak 12 partai politik (parpol) ini.

Belasan sekaa baleganjur dan ribuan pendukung atau simpatisan dari berbagai lapisan elemen masyarakat mendaftar ke KPU Karangasem. Sebelum mendaftar ke KPU Karangasem, bapaslon I Gede Dana dan I Nengah Swadi bersama dengan tim lebih dulu melakukan persembahyangan bersama di Pura Jagatnatha di Taman Budaya Candra Bhuana.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pelaksanaan deklarasi pasangan Nadi. Dalam iring-iringan yang dikemas dengan parade budaya. Paling depan akan berjalan pasangan calon bersama keluarga, kemudian pengurus partai masing-masing, barulah 19 sekaa baleganjur, sekaa genjek, komunitas nelayan, petani, pemuda, pedagang dan lainnya.

Baca juga:  Dari Patung Bung Karno Dipindah hingga Charles Bertakhta

Sementara, untuk parpol yang mendukung pasangan Nadi ada 12 parpol, yakni Partai PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Perindo, Partai Hanura, Partai PSI, Partai Gelora, Partai PPP, Partai PKN, Partai PAN, Partai PBB, dan Partai PKB. Bakal pasangan calon Bupati Karangasem, I Gede Dana mengungkapkan, pihaknya berterima kasih telah memberikan dukungan kepada parpol kepada pasangan NADI untuk melanjutkan kembali program-program rakyat yang selama ini telah berjalan. “Kami ucapkan banyak-banyak terima kasih atas dukungan yang tulus ikhlas,” katanya.

Sementara itu, Swadi menjelaskan, kalau pihaknya sangat bahagia sekali, bahkan sampai meneteskan air mata bisa berada di tempat ini. “Kami berterima kasih, kepada teman-teman yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada saya mendampingi pak Gede Dana,” katanya.

Baca juga:  Jokowi Komentari Wacana Maju Cawapres 2024

Swadi mengatakan, bila nantinya dirinya dipercaya oleh masyarakat, maka pihaknya akan berjuang untuk memperbaiki dan terus berinovasi untuk kemajuan Kabupaten Karangasem. “Untuk program yang baik, akan dijadikan lebih baik lagi ke depannya secara bersama-sama,” imbuhnya.

Sedangkan, Ketua Tim Pemenangan Nadi, I Wayan Suastika, mengatakan, secara administrasi pihaknya telah siap mendaftarkan pasangan Nadi ini ke KPU Karangasem. Semua administrasi dari partai pengusung dan pendukung paslon telah masuk ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU sehingga nantinya proses pendaftaran tidak berlangsung lama. “Kami sudah siapkan administrasinya, secara keseluruhan paslon yang bakal kami daftarkan juga telah siap,” ujarnya.

Baca juga:  KPU Tetapkan 45 Calon Anggota DPRD Karangasem Terpilih pada Pemilu 2024, Ini Peraih Suara Terbanyak

Suastika menjelaskan, proses pendaftaran pasangan I Gede Dana-I Nengah Swadi merupakan gerakan kebersamaan berbasis gotong royong. “Tercatat ada sekitar 5-6 ribu yang hadir dalam sekali sekaligus pendaftaran ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya berharap para simpatisan atau pendukung ini nantinya bisa menyebarluaskan Nadi ini, kepada seluruh keluarga, sahabat, komunitas dan yang lainnya. “Apa ang dilakukan ini, sebagai bukti konsep ngayah untuk membangun Karangasem yang berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra, I Nyoman Suyasa, mengatakan, sesuai rekomendasi yang ditandatangani ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, pihaknya pun telah siap mengamankan rekomendasi itu dengan berjuang secara maksimal untuk memenangkan bacalon yang diusungnya. “Itu sudah menjadi Keputusan partai kami untuk mendukung bapak bupati melanjutkan dua periode,” ujarnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN