SEMARAPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Nyanglan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, menggelar Upacara Tawur Agung Balik Sumpah Utama, belum lama ini.

Upacara ini digelar serangkaian Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan Lan Pedudusan Agung di Pura Manik Mas, Desa Adat Nyanglan.

Upacara Tawur Balik Sumpah ini merupakan salah satu dari upacara Bhuta Yadnya untuk menetralkan hal yang negatif, mencegah bhuta mengganggu masyarakat di dalam menjalankan upacara.

Baca juga:  Begini, Kronologis Penangkapan Pelaku Premanisme Asal Rusia

Prawartaka Karya, I Wayan Sarjana atau Jero Mangku Dalem Tarukan mengatakan prosesi ini dipuput oleh empat sulinggih, diantaranya Ida Pedanda Gede Jelantik Putra Manuaba, Ida Pedanda Budha Ratna Kanya, Ida Pedanda Istri Oka Tamu, dan Ida Dalem Smara Putra.

Dia mengungkapkan karya ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat Desa Adat Nyanglan dan sekitarnya utamanya krama Subak Desa Nyanglan untuk selalu eling atau ingat dan meningkatkan sradha bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya yang berstana di Pura Manik Mas.

Baca juga:  Rabies Mengancam, Klungkung Vaksinasi Belasan Ribu Anjing

Tujuan dilangsungkan Upacara Tawur Balik Sumpah yang merupakan salah satu dari upacara Bhuta Yadnya ini adalah untuk menetralkan hal yang negatif, mencegah bhuta mengganggu masyarakat di dalam menjalankan upacara. Selain itu, juga menghilangkan leteh atau kotor sekala niskala.

Serangkaian dengan Tawur, juga digelar ritual Mendem Pedagingan. (Bagiarta/balipost)

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN