Kebakaran- Petugas Damkar Karangasem saat melakukan penanganan kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Kubu. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran lahan kering ketika musim kemarau di wilayah Karangasem cukup sering terjadi belakangan ini. Bahkan, dalam kurun waktu dua bulan, tercatat ratusan hektar lahan di Bumi Lahar ludes terbakar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Karangasem, I Made Agus Budiyasa, mengungkapakan, selama dua bulan terakhir, terhitung sejak Juli-Agustus 2024 , seluas 106.8 hektare lahan yang ada di Kecamatan Kubu hangus terbakar. “Sejak dua bulan terakhir pihaknya melakukan penanganan sebanyak 38 kali kebakaran lahan,” ucapnya.

Baca juga:  Enam Penyalahguna Narkotika Ditangkap Dalam Dua Bulan

Budiyasa mengatakan, selama ini yang juga menjadi kendala adalah api sudah membakar lahan lumayan banyak baru laporan masuk ke Damkar. “Untuk mencapai lokasi kami butuh waktu yang cukup lama. Karena jarak yang harus ditempuh dari Pos Damkar Karangasem menuju ke Kecamatan Kubu lumayan jauh yang mencapai 32-50 kilometer,” ucapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada mengingat saat ini sedang memasuki musim kemarau dan di wilayah Kecamatan Kubu terkenal banyak terdapat lahan kering. “Bila ada kebakaran, agar langsung menghubungi pihak Damkar supaya kebakaran segera bisa ditangani, dan tidak sampai meluas,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Lepas dari Penjara, Pria Pengangguran Jadi Kurir Narkoba
BAGIKAN