BINJAI, BALIPOST.com – Dalam kunjungan ke Sumatera Utara, Selasa (10/9), Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan Tol Stabat-Tanjung Pura dan Kuala Tanjung Tinggi-Parapat.

Jalan tol yang diresmikan itu menghabiskan anggaran Rp 17,6 triliun.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Jalan Tol Ruas Binjai – Langsa Seksi 2 Stabat – Tanjung Pura dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi Parapat Seksi 3 – 4 Tebing Tinggi – Serbelawan – Sinaksak ini akan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) sepanjang 2.994 kilometer. Diharapkan sampai dengan akhir tahun, JTTS akan tembus sampai dengan 1.100 km.

Baca juga:  Jokowi Minta Waspadai Krisis Pangan dan Energi

“Dengan peresmian jalan tol ini tentunya akan mendorong pertumbuhan pusat ekonomi baru di koridor Binjai-Langsa dan Tebing Tinggi-Parapat, menambah daya saing daerah, sistem logistik mobilitas orang dan barang akan lebih cepat sehingga kita dapat bersaing dengan negara-negara lain,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi menyampaikan bahwa jalan tol ruas Binjai-Langsa seksi 2 Stabat-Tanjung Pura yang dibangun sejak 2020 sepanjang 26,2 Km dengan anggaran biaya Rp 11,6 triliun, dan juga jalan tol ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4 yang dibangun sejak 2018 sepanjang 45,6 km dan menghabiskan anggaran biaya Rp 6 triliun. (Agung Dharmada/balipost)

Baca juga:  Presiden Tiba di Bali, Disambut Pasukan Jajar Kehormatan

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN