Petenis meja Bali Made Sisca Pratiwi melakukan servis saat bertanding melawan petenis meja Jawa Timur Siti Aminah pada babak perempat final beregu putri tenis meja PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Angsapura Medan, Sumatera Utara, Rabu (11/9/2024). Pasangan Komang Sugita dan Made Sisca Pratiwi mempersembahkan medali emas dalam nomor Ganda Campuran di PON XXI Aceh-Sumut. (BP/Antara)

MEDAN, BALIPOST.com – Bali mencetak sejarah dengan meraih medali emas untuk pertama kalinya pada cabang tenis meja di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. Raihan medali emas ini dari nomor ganda campuran usai mengalahkan Jawa Timur dengan skor 3-2 di babak final.

Dilansir dari Kantor Berita Antara, ganda campuran Bali yang diperkuat Komang Sugita dan Made Sisca Pratiwi mampu mengalahkan pasangan ganda campuran favorit dari Jawa Timur Affan Mauluduna Pratama-Dwi Oktaviani Sugiarto dalam laga lima set di GOR Angsapura, Medan, Minggu (15/9).

Baca juga:  Dewan Inisiasi UMS di Bali

Pada set pertama, pasangan Komang-Sisca unggul lebih awal dengan mengawali laga dengan skor 3-0. Keunggulan terus terjaga sampai Bali hanya membutuhkan satu poin untuk menang, 10-7. Namun, Affan-Vita berhasil mengejar dan membuat poin menjadi deuce tiga kali, dengan kemenangan di pihak Jatim 15-13.

Berlanjut pada set kedua, persaingan sudah ketat sejak awal. Kedua pasangan saling membalas poin dan bergantian memimpin poin dengan skor imbang tiga kali, yaitu 2-2, 4-4, dan 6-6. Akan tetapi giliran pasangan Bali yang mengamankan set dengan kemenangan 11-6.

Baca juga:  H Sovereign Bali Sabet "Bali Leading 4 Star Hotel" di BTA

Di set ketiga, poin kedua tim kembali bersaing ketat dan lagi-lagi mencapai deuce 10-10 dan 11-11. Namun smes keras yang kerap dilancarkan oleh Komang dan Sisca berhasil memenangkan Bali dengan skor akhir 13-11.

Tensi tidak menurun di set keempat. Pertandingan yang sengit di awal dengan skor imbang 5-5, namun Jatim mengambil alih keunggulan dengan kemenangan 11-6. Kedudukan imbang 2-2 memaksa pertandingan harus diselesaikan pada set kelima.

Baca juga:  Ini Sebabnya, Lonjakan Kasus COVID-19 Terjadi di Jembrana

Di set pamungkas, poin pertama jadi milik Jatim. Namun smes keras dari Sisca dan Komang mengambil dua poin berikutnya. Poin demi poin begitu penting di set ini yang diambil bergantian oleh kedua pasangan.

Smes keras dari kedua pasangan datang silih berganti. Bal lebih mendominasi hingga skor mencapai 10-5, dan kemenangan Bali ditutup dengan skor 11-6.

Kemenangan Komang-Sisca ini merupakan medali pertama untuk Bali dari cabang olahraga tenis meja sepanjang penyelenggaraan PON. (kmb/balipost)

BAGIKAN