Pangeran Harry bersama sang istri, Meghan Markle. (BP/Antarnews)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pangeran Henry Charles Albert David atau lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Harry merupakan Adipati Sussex dan anak bungsu Raja Charles III dari istri pertamanya, Lady Diana, Putri Wales.

Dikutip dari Antaranews, ultah Pangeran Harry ke-40 di tahun ini agak istimewa. Pasalnya, secara mengejutkan akum media sosial X keluarga kerajaan membagikan ucapan ulang tahun disertai foto Harry sedang tersenyum lebar.

“Mengucapkan selamat ulang tahun ke-40 kepada Duke of Sussex hari ini!,” tulis postingan dari akun resmi Raja Charles ini.

Akun media sosial Pangeran William dan Kate Middleton juga membagikan unggahan Keluarga Kerajaan di Instagram Stories mereka dan di X dengan menambahkan pesan perayaan mereka sendiri.

Unggahan ucapan selamat ini mengejutkan, karena ucapan selamat ulang tahun di depan umum biasanya ditujukan untuk bangsawan yang bekerja, meskipun terkadang ditujukan untuk ulang tahun yang bersejarah.

Mengingat keretakan hubungan antara Harry dan saudaranya, serta hubungannya yang tegang dengan ayah mereka, banyak yang melihat pesan ulang tahun pertama ini dalam beberapa tahun sebagai tanda perdamaian dari Raja Charles dan Pangeran William.

Baca juga:  Pesta Berdarah di Colorado, 7 Orang Tewas Tertembak

Di hari jadinya ini, Harry memilih mengadakan pesta intim di Montecito, California, tempat ia tinggal bersama istrinya, Meghan Markle, dan anak-anak mereka, Pangeran Archie (5) dan Putri Lilibet (3).

Harry lahir pada 15 September 1984 di Rumah Sakit St Mary, Paddington pada pukul 16.20 waktu setempat. Jadi, baru dua hari lalu, Pangeran Harry merayakan ultahnya yang ke-40.

Berbicara tentang adik dari Pangeran Williams ini, banyak hal yang bisa dikulik.

Dilansir dari laman Britannica, Pangeran Harry bersekolah di sekolah pra-persiapan Wetherby School di Notting Hill dan kemudian Ludgrove School di dekat Wokingham, Berkshire. Ia juga melanjutkan pendidikannya di Eton College yang merupakan sekolah khusus pria terbesar di Britania Raya.

Pada Mei 2005, Harry masuk Sandhurst yang merupakan Akademi Militer terkemuka di Inggris untuk melatih perwira Angkatan Darat. Kemudian, ia dilantik sebagai Perwira pada bulan April 2006.

Baca juga:  Kembangkan Jaringan 6G, China Buka Kesempatan Kerja Sama Internasional

Ia bertugas selama 10 tahun di Angkatan Bersenjata Inggris, Termasuk dua kali bertugas di Afghanistan sebagai pengendali udara garis depan dan pilot helikopter Apache.

Pada 2014, Harry mendirikan Invictus Games Foundation, yang merupakan sebuah kompetisi olahraga internasional yang ditujukan untuk para veteran dan para prajurit yang terluka, cedera, dan sakit.

Mengutip informasi dari web resmi Kantor Pangeran Harry, pria ini juga merupakan pendiri dan pelindung sejumlah badan amal dan organisasi global, termasuk Travalyst, Sentebale, WellChild, dan menjabat sebagai dewan African Parks. Pada tahun 2021, ia ditunjuk sebagai Chief Impact Officer di BetterUp, platform pelatihan utama yang membantu orang-orang di seluruh dunia mencapai kebugaran mental puncak.

Pada tahun yang sama, dia bertugas di Aspen Institute Commision on Information Disorder. Komisi ini mengumpulkan suara-suara kritis dari masyarakat, swasta, dan masyarakat sipil untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh meningkatnya disinformasi.

Baca juga:  Korsel akan Berikan Suntikan Dosis 4 Vaksin COVID-19

Pada Mei 2018 Harry menikahi Meghan Markle, seorang aktris Amerika Serikat yang kerap tampil dalam film dan televisi. Upacara pernikahan diadakan di Kapel St. George di Kastil Windsor, Inggris.

Pada 6 Mei 2019, lahirlah buah cinta dari pasangan tersebut. Seorang anak laki-laki bernama Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Adik Archie, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor lahir pada 4 Juni 2021.

Mengutip informasi dari BBC News, Harry dan Meghan pindah ke California pada Juni 2020, dengan alasan ingin punya ruang untuk membesarkan Archie. Pasangan itu tidak lagi memiliki tempat tinggal resmi di Inggris.

Pada awal 2023, pasangan ini diminta untuk mengosongkan Frogmore Cottage, properti yang terdaftar Kelas-II di kawasan Windsor. Pada April 2024, dokumen yang diajukan ke Companies House mencantumkan Amerika Serikat sebagai tempat Harry tinggal, bukan Inggris. Tanggal perubahannya adalah 29 Juni 2023, yang diyakini sebagai tanggal resmi pasangan tersebut meninggalkan Frogmore Cottage. (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN