PECAH REKOR - Perenang Bali, Pande Made Iron Digjaya, memecahkan rekor nomor 200 meter gaya dada putra PON XXI/2024 Aceh-Sumut, sekaligus memboyong medali emas. (BP/Ist)

MEDAN, BALIPOST.com – Cabang olahraga renang kembali membuat kejutan di PON XXI Aceh-Sumut. Perenang Bali, Pande Made Iron Digjaya memecahkan rekor nomor 200 meter gaya dada putra di PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Selain memecahkan rekor PON, Pande Digjaya juga sekaligus memboyong medali emas yang dipertandingkan di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumut, Senin (16/9) malam.

Perenang putra Bali Pande Digjaya mencatatkan waktu 2 menit 16,76 detik. Dengan hasil yang diraihnya tersebut, Pande berhasil menggeser Gagarin Nathaniel Yus sebagai pemegang rekor PON, saat tampil di PON XX/2021 Papua, dengan waktu 2 menit 17,81 detik.

Baca juga:  Atlet Balap Sepeda Persembahkan Emas Pertama Bali

Pande Digjaya meraih medali emas mengalahkan Muhammad Dwiky Raharjo asal Jawa Barat yang finis di posisi kedua dengan 2 menit 17,25 detik dengan medali perak.
Sedangkan medali perunggu menjadi milik perenang Jawa Timur, Andi Muhammad Nurrizka Febrianto (2 menit 19,09 detik).

Dengan tambahan medali emas dari Pande Digjaya, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Bali, sejauh ini sudah mengoleksi 2 medali emas yang diraih dari nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri oleh Lilly Kartina Beales, dan medali perunggu nomor 50 meter gaya punggung putri (Alegra Linette Sruy). (Suka Adnyana/balipost)

Baca juga:  Perenang Pande Lisa Pecahkan Rekornas
BAGIKAN