Lima pesawat akrobatik Rajawali Laut Flight TNI AL melakukan atraksi formasi di langit saat pembukaan Bali International Airshow 2024 di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (18/9). (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Tim Aerobatik milik TNI memukau pengunjung Bali International Airshow yang dibuka Rabu (18/9) di Apron Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung.

Dalam pameran industri kedirgantaraan yang digelar hingga Sabtu (21/9) ini, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan terbang solo F-35A Lightning II dari Australia.

Saat pembukaan, terdapat dua demonstrasi yakni tim aerobatik Jupiter milik TNI AU dan tim aerobatik Rajawali Laut milik TNI AL. Selain itu, dijadwalkan pula demonstrasi dari tim aerobatik Neptunus milik TNI AL.

Baca juga:  Liburan Obama Dijaga Ketat, Tank dan Jihandak Diturunkan Ke Ubud

Demonstrasi terbang ini dijadwalkan empat kali setiap hari. Aksi ini, kata Luhut, menunjukkan keahlian dan dedikasi dan kemajuan luar biasa dalam teknologi kedirgantaraan.

Pesawat tim aerobatik Jupiter TNI AU melakukan atraksi formasi di langit saat pembukaan Bali International Airshow 2024 di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (18/9). (BP/eka)

“Atraksi terbang ini menunjukkan bakat luar biasa dari Tim Aerobatik Jupiter dan Neptunus di Bali International Airshow. Hal ini semakin mengukuhkan kecakapan Indonesia yang semakin meningkat di sektor penerbangan dan kedirgantaraan. Kami sangat antusias untuk memperlihatkan kemampuan mereka yang menggembirakan dan kemampuan negara kita dalam industri ini kepada masyarakat internasional,” sebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang membuka BIAS 2024.

Baca juga:  Rakor Forkopimda Soal Pilkada, Ini Disampaikan Kapolres Badung

Tim Aerobatik Jupiter menerbangkan enam pesawat KT-1B Wongbee dan Tim Aerobatik Neptunus menerbangkan enam pesawat ringan Bonanza G36 untuk melakukan formasi manuver-manuver yang kompleks di langit Bali. Sementara itu, Angkatan Udara Australia akan menerbangkan pesawat F-35A Lightning II secara solo.

Pesawat tim aerobatik Jupiter TNI AU melakukan atraksi formasi di langit saat pembukaan Bali International Airshow 2024 di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (18/9). (foto/eka adhiyasa)

Bali International Airshow menandai kembali digelarnya ekshibisi berskala internasional di Indonesia yang sudah 28 tahun tidak pernah digelar. Luhut mengatakan pemerintah berkomitmen menggelar kegiatan ini secara reguler. Adanya partisipasi internasional menunjukkan ambisi strategis negara ini untuk menjadi pemain penting di kawasan Asia Pasifik guna mengukuhkan keberadaannya yang semakin berkembang di panggung penerbangan internasional.

Baca juga:  Dalih Kehilangan Uang, Dagang Akik Curi Sepeda Motor

Pameran kedirgantaraan dan teknologi pertahanan ini dihadiri oleh 48 negara/kawasan, termasuk delegasi tuan rumah, pengunjung bisnis, dan peserta pameran serta partisipasi dari 100 perusahaan. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN