Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Media sosial kini menjadi ladang potensial untuk mencari cuan. Jadi, kalau kalian ingin mendapatkan cuan dengan bermedsos, simak lima tips yang dilansir dari tempo.co.

1. Jangan anggap remeh jejaring sosial

Di era digital saat ini, peran jejaring sosial sangatlah penting, karena hampir setiap orang memiliki jejaring sosial, sehingga peluang kamu untuk mendapatkan pelanggan tentunya akan semakin tinggi.

Apalagi media sosial bisa digunakan oleh siapa pun secara gratis, sehingga kamu bisa beriklan atau promosi dengan membuat profil yang menarik agar calon customer tertarik untuk membeli produk kamu.

Tetapi, kalau kamu ingin menjangkau pasar yang lebih luas, kamu bisa menggunakan fitur sosial media advertising untuk mempromosikan bisnis kamu.

Namun, zaman sekarang banyak media sosial yang bisa menjadi tempat melakukan promosi produk kamu, seperti yang lagi trend saat ini yaitu tiktok, Instagram, dan facebook.

2. Pilih platform yang tepat

Menggunakan salah satu atau beberapa media sosial adalah pilihan yang tepat untuk berjualan untuk pemula. Aplikasi gratis membantu anggaran operasional awal kamu lebih hemat. Hal ini akan meringankan kamu yang masih pemula di dunia bisnis.

Baca juga:  Paslon Diminta Untuk Tak Tertipu Dengan Biasnya Ekosistem Medsos

Tetapi, perlu diingat bahwa plarform aplikasi gratis memiliki keterbatasan. Karena ada sesuatu yang perlu di upgrade platfrom pemasaran yang lebih menjangkau banyak pembeli dengan budget modal yang juga hemat kantong.

3. Membuat akun bisnis khusus

Sebelum ini kamu sudah mengetahui produk apa yang akan dijual atau banyak diincar pembeli. Namun, sebelum membuat akun bisnis, pastikan akun memiliki kata kunci atau keyword yang sering digunakan oleh para custamer untuk mencari barang favoritnya.

Misalnya, kamu memilih aplikasi gratis tiktok sebagai platfrom jualan kamu, maka buatlah akun dengan nama tampilan yang sesuai sama produk kamu jual. Contohnya, “baju murah cowok” atau kata kunci lain secara spesifik yang mewakili produk kamu.

Lalu, kamu juga perlu menganalisis media sosial milik competitor. Gunakan setidaknya dua pertanyaan yang harus kamu jawab sendiri seperti media sosial apa saja yang competitor kamu gunakan dan akitf mereka mengunggah produk dagangan di media sosial.

Baca juga:  Butuh Kritik, DPR Gelar Lomba Kritik

4. Menentukan target pasar

Mulailah dengan beberapa pertanyaan dan menganalisis. Seperti, siapa saja yang sedang mencari solusi (jadikan produk kamu sebagai solusi) dari suatu masalah, tetapi mereka tidak menemukan banyak solusi. Pastikan produk kamu memiliki keunikan daripada produk lainnya.

Misalnya, bahan pakaian yang digunakan adalah jenis premium dengan harga yang lebih terjangkau dan tanpa luntur. Kamu bisa mencari tahu dengan jelajahi internet untuk menemukan jawabannya.

Ingatlah, setiap produk memiliki pasarnya sendiri, meskipun produk yang kamu sama jenisnya dengan penjual lainnya, kamu bisa mengembangkan target pasar yang lebih spesifik.

5. Mengatur strategi marketing yang unik

Kamu bisa memulai mengarahkan custamer bar uke halaman bisnis kamu yang memberikan informasi-informasi dibutuhkan dengan disisipi produk unggulan toko. Kamu juga bisa memberika promo-promo khusus bagi custamer baru ketika sudah follow akun bisnis kamu.

Dengan demikian, custamer baru akan loyal dengan toko kamu sehingga bisnis lebih mudah berkembang. Kamu juga perlu memiliki hubungan yang baik dengan custamer terutama merespons secara cepa tapa yang mereka tanyakan.

Baca juga:  Musim Kemarau Tiba, Ikuti 6 Tips Anti Sakit Ini

Menggunakan hashtag saat mengunggah produk
di media sosial memang diciptakan untuk interaksi dan menjadi tempat dimana masyarakat bisa menuangkan keluh kesahnya. Ini juga termasuk review produk sekaligus jasa yang belum dan telah mereka pakai. Agar kamu tahu bahwa hashtag itu aktif, cobalah ketikkan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan masalah yang kamu temukan di kolom pencarian media sosial.

Kamu bisa menemukan berbagai postingan orang yang mengenai masalah tersebut. Maka gunakan cara ini kemudian terapkan untuk menampilkan hashtag atau tagar yang banyak dicari calon customer.

Buatlah hashtag yang mewakili bisnis kamu di profil kamu. Lalu, lengkapi dengan foto atau video unggahan produk kamu yang menarik dan professional untuk menjamin rasa kepercayaan pada customer.

Dan itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika ingin memperoleh cuan lewat medsos. Selamat mencoba! (Ni Wayan Linayani/balipost)

BAGIKAN