Wayan Suyasa saat menghadiri silaturahmi di Yayasan Kerti Usada Bakti yang mengelola pendidikan sekolah gratis beberapa waktu lalu. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Paslon bupati dan wakil bupati Badung, I Wayan Suyasa-I Putu Alit Yandinata (Suyadinata) berkomitmen mewujudkan pendidikan gratis berkualitas mulai Paud, TK, SD dan SMP sesuai regulasi yang ada. Hal ini disampaikan Suyasa saat menghadiri silaturahmi di Yayasan Kerti Usada Bakti yang mengelola pendidikan sekolah gratis beberapa waktu lalu.

Suyasa memberikan apresiasi atas kinerja Yayasan Kerti Usada Bakti dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah swasta menggrariskan SPP. “Hal yang dilakukan ini sudah membantu pemerintah dalam membantu anak-anak kita yang kurang mampu karena di yayasan ini sejak awal sudah menggratiskan biaya pendidikan. Ini naluri sosial yang tinggi bukan bisnis yang dimiliki Ibu Ketua Yayasan Kerti Usada Bakti,” ungkapnya.

Pemerintah, kata Suyasa tidak akan mampu memperhatikan semua termasuk bidang pendidikan jika tidak ada partisipasi atau tangan dingin berbagai pihak dalam hal ini masyarakat untuk ikut membantu.

“Pemimpin Badung Pak Giri Prasta sudah dua periode, sudah cukup bagus. Ini harus kita hargai dan kita teruskan untuk lebih sempurna. Maka dipastikan 2025 Badung sudah ada pemimpin baru. Kami siap adu ide dan gagasan, biarkan masyarakat menilai. Kami tidak ada pemaksaan kehendak dalam demokrasi hak pilih ada di tangan masyarakat,” paparnya.

Baca juga:  Korsel Jadi Anggota DK PBB Periode 2024-2025

Ia juga mengingatkan prajuru jangan karena ada bantuan ada pemaksaan kehendak atau menggiring masyarakat untuk menentukan hak pilih di Pilkada. Sebab bantuan itu bersumber dari uang rakyat yang dikelola pemeritah. “Jadi siap pun pemimpinnya bantuan itu pasti diberikan,” bebernya.

Dengan visi mewujudkan Badung Sejahtera, Bahagia, Merata, Wayan Suyasa menegaskan apa yang telah dilakukan Yayasan Kerti Usada Bakti dalam mengratiskan SPP anak didiknya adalah hal yang juga teah dirancang dan siap diwujudkan Suyadinata.

Jika diberi kepercayaan memimpin Badung pihaknya siap mewujudkan pendidikan gratis sekolah negeri dan swasta. “Kami di Badung kewenangannya TK, SD, dan SMP sedangkan SMA/SMK kewenagannya ada di pemerintah provinsi, kami akan ikut membantu karena merupakan bagian dari masyarakat Badung. Kami akan koordinasi dengan pemerintah provinsi termasuk anggaran yang akan kami berikan dari Badung untuk SMK/SMK agar bisa gratis,” tegasnya.

Baca juga:  Jelang Pilkada Badung, Ini Persiapan Polres Badung

Tokoh inovatif ini kembali mengatakan, untuk mewujudkan pendidikan gratis yang berkualitas anak didik bagi Paud, TK, SD, SMP di Kabupaten Badung. Selain itu pihaknya juga telah merancang sekolah berkualitas unggulan layaknya SMA Bali Mandara.
“Saya yakin Badung mampu mewujudkan sekolah unggulan, dengan regulasi yang tepat. Kami akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk msyarakat,” ujar Suyasa.

Sementara, untuk kemajuan UMKM sebagai potensi yang harus dikembangkan, ia menyatakan, pemerintah akan hadir memberikan support kepada UMKM yang ada. “Dari pemodalan kita akan berikan secara lunak, ekonomi menengah ini harus kita kembangkan kami juga akan menyiapkan bangunan standar untuk menambah estetika sebagai derah tujuan wisata,”ujarnya.

Ketua Yayasan Kerti Usada Bakti, Ni Wayan Juliati menyampaikan calon Bupati Badung Wayan Suyasa dapat hadir melihat langsung situasi pendidikan khususnya di sekolah swasta. “Yayasan Kerti Usada Bakti terdiri beberapa bagian, di antaranya UMKM, pendidikan, pertanian. Pendidikan atau sekolah di yayasan kami gratis SPP dan telah berjalan 12 tahun. Namun, keberadaan SMK Kesehatan Kerti Usada, pemerintah tidak tahu selama ini,” ujarnya.

Baca juga:  Tolak Revitalisasi Pasar Umum Negara, Massa Pedagang Datangi DPRD Jembrana

Pihaknya berharap Wayan Suyasa bisa terpilih menjadi Bupati Badung untuk mewujudkan Badung yang lebih baik. “Jadi jika Pak Suyasa jadi Bupati Badung, pendidikan sekolah swasta terbantu, UMKM terbantu, pertanian dan peternakan juga bisa terbantu. Jadi kita harus perjuangkan Pak Suyasa jadi bupati,” ajaknya.

Hal senada disampaikan salah satu pelaku UMKM, Budiasih yang menyatakan kegembiraan dengan hadirnya calon Bupati Badung Wayan Suyasa yang berkomitmen memperjuangkan kemajuan UMKM.
“Baru kali ini saya bisa bertemu calon Bupati Badung. Saya menyambut gembira program Pak Wayan Suyasa untuk mewujudkan Badung Sejahtera Bahagia Merata. Saya bersama teman-teman di UMKM siap mendukung Pak Suyasa,” ujarnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN