Orang-orang berbelanja di sepanjang jalan Pasar Ameyoko saat acara diskon akhir tahun di Tokyo, Jepang, Selasa (28/12/2021). (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hari Pariwisata Dunia diperingati setiap tahun di 27 September sejak 1980. Hari istimewa tersebut diperingati setiap tahunnya untuk mendorong perkembangan pariwisata di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Mengutip dari situs resmi PBB, pariwisata kerap kali menjadi sorotan karena perannya dalam pembangunan ekonomi, juga memainkan peran penting dalam membina perdamaian.  Di tingkat global, negara-negara saling terhubung dan saling bergantung.

Pariwisata sebagai sebuah industri yang diciptakan oleh manusia dan untuk manusia, muncul sebagai kekuatan yang kuat dan dinamis dalam melawan stereotip dan  prasangka.

Sektor ini dapat dianggap sebagai lambang dialog antarbudaya. Di bidang ini, memungkinkan pertemuan dengan “yang lain”, mengenal budaya yang berbeda, mendengarkan bahasa asing, mencoba cita rasa yang eksotik, bersentuhan dengan orang lain dan membangun toleransi. Pada dasarnya, ini adalah pengalaman pendidikan dan spiritual yang memperluas wawasan.

Pada 2024, Hari Pariwisata Dunia mengangkat tema “Pariwisata dan Perdamaian” yang bertujuan untuk menyoroti peran penting sektor ini dalam memupuk perdamaian dan pengertian antarbangsa dan budaya serta dalam mendukung proses rekonsiliasi.

Menperingati Hari Paiwisata Dunia, berikut tempat wisata di mancanegara yang dapat anda kunjungi, Dilansir dari berbagai sumber:

1. Roma

Saat  mengunjungi ibu kota Italia, bersiaplah untuk mengunjungi objek wisata yang wajib dikunjungi dari wishlist anda, termasuk Colosseum, Air Mancur Trevi, dan Pantheon. Wisatawan juga dapat melihat beberapa harta karun terbesar Italia, seperti Basilika Santo Petrus dan Kapel Sistina, di Kota Vatikan.

Hindari keramaian  dengan berjalan-jalan di jalanan berbatu Trastevere saat matahari terbenam, atau kunjungi pasar pusat Roma untuk mencicipi hidangan lokal seperti es krim pistachio. Sebelum Anda berangkat, kunjungi  museum, galeri seni, dan butik  yang kurang terkenal di Roma, atau pergilah ke Bukit Janiculum untuk melihat pemandangan kota yang indah.

Baca juga:  Warga Nusa Penida Hilang, Diduga Terjatuh dari Tebing

2. Bora-Bora

Pulau Polinesia Prancis seluas 12 mil persegi ini mungkin tidak cukup besar, namun merupakan salah satu keindahan tropis  murni. Memiliki pantai yang indah, hutan lebat, dan resor mewah di pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Gunung Otemanu, gunung berapi yang sudah punah di pulau ini, adalah tempat yang bagus untuk fotografi dan pendakian yang menantang.

Penduduk lokal Bora Bora yang ramah akan membantu melihat sekilas pemandangan pulau yang paling indah dalam tur off-road. Untuk bersantai, pergilah ke Pantai Matira, dengan airnya yang jernih dan pasir putihnya yang layak untuk difoto. Bepergian ke Bora Bora sangat mahal, tetapi sebagian besar wisatawan mengatakan biayanya sepadan.

3. Paris

Kota Cahaya yang memesona di Prancis adalah tujuan wisata abadi yang memikat pengunjung dengan landmark ikoniknya seperti Menara Eiffel dan Louvre. Kafe unik, area perbelanjaan  trendi, dan arsitektur Haussmannian memberikan keindahan abadi pada Paris.

Namun hal terbaik tentang kota ini adalah ada kemungkinan kalian akan menemukan sesuatu yang baru setiap kali kalian bepergian setiap musim.

Jelajahi ibu kota Prancis yang selalu berubah lebih jauh dengan  menjelajahi jalanan berbatu yang menawan, mempelajari rahasianya dalam tur jalan kaki, mengunjungi pameran seni dinamis seperti Atelier des Lumières, atau menikmati hidangan lezat di restoran dan toko kue terbarunya.

4. Bali

Baca juga:  Kemenhub Respons Serius "Air Connectivity" Kemenpar

Pura dan pantai yang indah menjadi daya tarik utama surga Indonesia yang subur ini. Cara terbaik untuk menghindari musim hujan yang terkenal di kawasan ini adalah dengan merencanakan kunjungan antara April dan Oktober.

Beristirahatlah dari waktu pantai dan kunjungi desa Kintamani, rumah bagi gunung berapi yang menjulang tinggi (dan aktif) serta  danau besar. Untuk memacu adrenalin, mengapa tidak melayang di atas sawah dan hutan dengan salah satu dari banyak ayunan di Bali?

Sementara itu, para pecinta kuliner dapat merasakan cita rasa khas kuliner Bali.

5. Santorini

Disebut-sebut sebagai tujuan bulan madu yang sempurna, pulau paling populer di Yunani menarik pengantin baru setiap tahun dengan matahari terbenamnya yang indah, desa-desa bercat putih, dan pantai berwarna-warni.

Reruntuhan seperti Thira kuno dan Akrotiri prasejarah akan memikat para pecinta sejarah, sementara wisata wine di pusat Santorini akan memikat para pecinta wine.

Penuhi selera makan dengan berjalan kaki di sepanjang tepi kaldera, lalu pergilah ke Teluk Amoudi yang indah untuk bersantap di udara terbuka. Sementara itu, wisatawan yang mencari wisata sehari yang santai dapat naik perahu ke pulau terdekat, Thirassia.

6. South Island, New Zealand

Pulau Selatan di Selandia Baru dipenuhi dengan pemandangan alam spektakuler di setiap sudutnya, mulai dari pegunungan yang dramatis hingga fjord yang spektakuler. Di sini Anda dapat mengagumi pegunungan Taman Nasional Fiordland dari jalur pendakian dan perahu di Milford Sound/Piopiotahi.

Di malam hari, kunjungi Observatorium Mt John di Universitas Canterbury untuk melihat bintang. Anda juga dapat memanjakan jiwa pemberani  di Queenstown (tujuan populer untuk bungee jumping), mencicipi anggur Sauvignon Blanc yang lezat di wilayah Marlborough, dan menjelajahi gletser yang paling mudah diakses di Selandia Baru, Gletser Franz Josef  di pantai barat pulau tersebut, atau menjelajahi Gletser Fox.

Baca juga:  Tiga Kwintal Red Devil Dikeluarkan dari Danau Batur

7. Tokyo

Memasuki ibu kota Jepang yang ramai merupakan pengalaman yang luar biasa. Terkenal dengan jalanannya yang sibuk dan lampu neon yang berkedip-kedip, Tokyo memiliki  listrik dan banyak tempat wisata populer untuk dijelajahi.

Para pecinta kuliner tidak akan kecewa dengan sushi segar dan ramen lezat khas Tokyo. Kota ini memiliki lebih banyak restoran berbintang Michelin dibandingkan kota lain mana pun di dunia.

Para pecinta belanja dapat menemukan banyak produk desainer yang wajib dimiliki di Ginza, sementara mereka yang mencari kedamaian dan ketenangan di tengah alam dapat mengunjungi Taman Nasional Shinjuku Gyoen atau Taman Yoyogi. Penggemar sejarah, di sisi lain, akan menghargai kuil dan tempat pemujaan yang berusia berabad-abad di Tokyo.

8. Amsterdam

Amsterdam adalah rumah bagi museum terkenal, bunga tulip, jalan kanal, “kedai kopi” dan butik kelas atas. Di sini, Anda bisa menghabiskan hari mengagumi lukisan Vincent van Gogh, bersantai di Vondelpark, atau berbelanja di distrik Nine Streets.

Benamkan diri dalam dunia jajanan kaki lima Amsterdam dengan ikan haring dan kentang goreng, atau puaskan hasrat dengan stroopwafel. Kalian juga bisa melakukan apa yang dilakukan orang Belanda dan menyewa sepeda untuk berkeliling kota. Jika kalian merencanakan kunjungan musim semi, jangan lewatkan Taman Keukenhof, rumah bagi jutaan bunga berwarna-warni. (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN