Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dengan teknologi yang ada saat ini, upaya mempercantik kuku menjadi lebih mudah. Tak perlu waktu berlama-lama bagi seorang perempuan untuk menghias kukunya.

Cukup dengan nail art gel, kuku akan tampil cantik dengan beragam hiasan dan warna yang diinginkan.

Tetapi perlu kalian ketahui, ada bahaya yang mengintai jika keseringan menggunakan nail art gel. Kuku kalian bisa timbul jamur dan lapisannya menipis.

Untuk pencegahan, ada baiknya kalian menyima 4 cara merawat kuku ini, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Jangan pernah melepaskan nail art gel secara paksa

Tanpa anda sadari mencabut nail art gel secara paksa akan membuat kuku semakin rusak, yang membuat kulit kuku aslimu ikut sedikit terangkat atau terkelupasnya permukaan kuku dan menimbulkan rasa sakit. Ketika anda ingin melepas nail art gel, sebaiknya datang langsung ke salon kuku yang sudah professional. Yang memiliki alat-alat khusus untuk kuku agar kuku anda tidak semakin rusak.

Baca juga:  Gaji ke-13 di Bali Sudah Cair, Kabupaten Ini Belum Membayarkan

2. Memberikan jeda waktu untuk melakukan nail art gel kembali

Nail art gel memang membuat tampilan kuku anda semakin cantik. Tetapi, sebagus-bagusnya menggunakan nail art gel jika sering menggunakannya akan membuat kuku cepat rusak dan timbul jamur pada kuku.

Setelah menggunakan nail art gel pertama dan setelah nail nail art gel tersebut tidak bagus lagi, alangkah baiknya dilepas ke salon khusus kuku. Setelah itu kalian bisa mengistirahatkan selama tiga minggu atau satu bulan, sebelum menggunakannya kembali.

Baca juga:  Kasus HIV/AIDS di Klungkung Makin Mengkhawatirkan

3. Rutin menggunakan hand cream dan nail cream

Menggunakan produk perawatan tangan sangat penting bagi kesehatan kuku dan tangan. Dengan menggunakannya secara rutin, tangan dan kuku akan tetap lembab serta tidak kasar.

Kuku yang sempat rusak karena efek sering menggunakan nail art gel juga bisa kembali pulih. Coba lah menggunakan produk yang mengandung aloe vera dan vitamin E untuk merawat kulit.

4. Mengaplikasikan minyak untuk kutikula

Baca juga:  Tak Cuma Terbanyak Sumbang Kasus COVID-19 Baru, Wilayah Ini Juga Catatkan Tambahan Pasien Sembuh dan Korban Jiwa Tertinggi

Selain wajah, kutikula juga memerlukan pelembab, menggunakan minyak kutikula dengan rutin terutama setelah potong kuku atau melakukan nail art gel itu sangat penting untuk kesehatan kuku.

Perawatan ini dapat mengembalikan kesehatan kuku yang rusak menjadi lebih sehat. Karena minyak kutikula banyak mengandung grapeseed, wijen, bunga matahari dan kemiri.

Jadi, itu tadi 4 cara mengatasi kuku yang mengalami kerusakan karena nail art gel. Alangkah baiknya lebih berhati-hati menggunakan nail art gel serta memilih salon kuku yang tepat agar alat yang digunakan memang benar-benar bersih dan tidak membuat kuku kalian rusak. (Ni Wayan Linayani/balipost)

BAGIKAN