Pasangan Calon Gubernur Bali nomor 2 Wayan Koster dan Giri Prasta (Koster-Giri) saat kampanye terbuka di Kecamatan Abang, Karangasem pada Senin (30/9). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pasangan Calon Gubernur Bali nomor 2 Wayan Koster dan Giri Prasta (Koster-Giri) akan membangun Pelabuhan Amed di Kecamatan Abang, Karangasem. Selain Pelabuhan Amed, Koster-Giri juga akan menata kawasan Amed menjadi destinasi pariwisata baru di Bali.

Amed, kata Koster, akan ditata seperti destinasi wisata di Kuta Selatan yang kerap disebut Bukit.

Dalam kampanye terbuka di Desa Tiyingtali, Kecamatan Abang, Senin (30/9), Koster mengungkapkan rancangan pelabuhan Amed telah dilakukan sejak 2023. Saat itu, Gubernur 2019-2023 dari Sembiran ini telah masuk Rancangan Detail Engineering Design (DED).

Baca juga:  Gubernur dan Ketua Dekranasda Bali Hadiri 65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

Ia berkomitmen melanjutkan bila dirinya kembali dipercaya masyarakat Abang menjadi Gubernur Bali 2025-2030.

Pembangunan Pelabuhan Amed ini juga untuk mendukung kepemimpinan Calon Bupati Karangasem Gede Dana dan Nengah Swadi (Dana-Swadi). Karena Gede Dana yang merupakan incumbent ini sangat memperhatikan infrastruktur demi mendukung pariwisata Karangasem.

“Infrastruktur lain yang akan kami rancang yakni  pelabuhan Amed sekaligus menjadi kawasan pariwisata, setelah selesai perencanaan dan Koster-Giri terpilih langsung dibangun,” kata Koster.

Koster mengatakan Amed akan dijadikan destinasi wisata yang akan berdampak pada pusat perputaran ekonomi di wilayah timur Bali. “Saat itu sudah dibantu jalan, nanti kita pikirkan lebarkan dan bangun baru. Dimana bisa ada lahan untuk dibangun jalan baru ke Amed, nanti akan dicek bersama Calon Bupati Karangasem Gede Dana dan Nengah Swadi,” jelas Koster.

Baca juga:  Menlu Retno : G20 Harus Jadi Solusi Tantangan Global

Pelabuhan ini akan menjadi akses pariwisata dari Bali ke Gili. Dan juga akan memberikan opsi wisatawan tinggal lebih lama di Amed. “Pelabuhan itu sudah dirancang sejak lama. Saya akan teruskan saat terpilih nanti, ” kata Koster disambut teriakan dua periode oleh masyarakat Abang.

Rencana ini akan dilakukan Koster seperti saat membantu membangun SMA Negeri Abang. Saat itu, Ketua DPD PDIP Bali ini melihat kebutuhan pendidikan yang menjadi program pembangunan di Bali sesuai visi Nangun Sat Kerti Loka Bali.

Baca juga:  Berenang di Tulamben, Mahasiswa Asal Banyuwangi Tewas

Selain itu, Koster juga menegaskan akan mendukung pembangunan di Karangasem yang menjadi hulu spritual di Pulau Dewata. Simpul-simpul spritual seperti pura-pura harus dibangun agar kuat dan terjaga. “Program-program yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat ini harus dibangun. Agar bisa jalan harus kembali memilih Koster-Giri dan Dana- Swadi yang keduanya nomor urut dua,” kata Koster. (kmb/balipost)

BAGIKAN