Dilindungi Sinar UV
Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Cuaca belakangan ini sangat panas. Meski pun sudah masuk bulan Oktober, hujan tak kunjung turun.

Guna mencegah kulit terbakar sinar matahari, ada baiknya kalian menggunakan sunscreen  saat bepergian atau beraktivitas di luar ruangan.

Mengutip dari situs Siloam Hospitals, sinar ultraviolet adalah jenis radiasi  elektromagnetik yang berasal dari matahari atau sumber cahaya buatan. Umumnya sinar ultraviolet mempunyai efek pengion.

Pengion adalah jenis radiasi yang membawa energi yang cukup untuk melepaskan elektron dari suatu atom atau molekul sehingga dapat terionisasi. Perlu diketahui bahwa proses ionisasi ini dapat merusak materi genetik dan DNA  dalam  tubuh.

Namun sinar UV dengan energi tinggi diketahui tidak memiliki energi yang cukup untuk menembus jauh ke dalam tubuh, sehingga hanya berdampak pada bagian luar tubuh yaitu kulit.

Baca juga:  BOR Capai 90 Persen, Denpasar Tambah Lagi Lokasi Isoter

Tapi, sunscreen tidak hanya memberikan perlindungan akan bahaya sinar matahari, ada banyak manfaat menggunakan sunsceen bagi kesehatan kulit.

Berikut 6 manfaat menggunakan sunscreen dikutip dari Alodokter:

  1. Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Manfaat sunscreen yang utama adalah melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV), baik ultraviolet A (UVA) maupun ultraviolet B (UVB). Yang dimana kedua jenis sinar UV ini dapat merusak kulit.

2. Menghambat Penuaan Dini

Penggunaan sunscreen akan memberikan perlindungan dan mencegah penuaan dini. Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit cepat berkerut dan mengalami garis-garis halus, kulit kendur, dan noda gelap.

3. Mencegah Bercak Gelap Pada Kulit

Baca juga:  Kiat-kiat Menjadi Pebisnis Andal yang Sukses

Sunscreen juga dapat membantu mencegah melasma dan flek hitam yang lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya. Selain itu, jenis noda gelap lainnya, seperti tahi lalat, dapat dikurangi jumlah dan ukurannya dengan menggunakan tabir surya.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya yang mengandung SPF dan PA setiap hari dapat membantu mencegah melasma dan memperbaiki kondisi melasma yang sudah ada.

4. Meratakan Warna Kulit

Selain mencegah noda gelap pada kulit, penggunaan sunscreen juga dapat meratakan warna kulit yang tidak rata akibat hiperpigmentasi.

Pasalnya, penggunaan sunscreen dapat mencegah bertambahnya masalah pigmentasi dan mencerahkan tampilan kulit yang lebih gelap dibandingkan warna kulit sekitarnya.

5. Mencegah Kulit Terbakar

Baca juga:  6 Aktivitas di Rumah Habiskan Liburan, Dijamin Keluarga Makin Rukun

Manfaat sunscreen lainnya adalah mencegah kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Sunscreen akan melindungi kulit Anda dari sinar UV dan mengurangi risiko sengatan matahari.

6. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Manfaat terakhir dari sunscreen adalah mengurangi risiko kanker kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen melindungi terhadap perkembangan kanker kulit karena mencegah sinar UV yang merusak sel-sel kulit.

Untuk menikmati manfaat sunscreen di atas,  disarankan untuk menggunakannya setiap hari, terutama sebelum beraktivitas di luar ruangan. Gunakan pada area kulit yang terpapar sinar matahari, seperti kulit pada wajah, leher, telinga, dan lengan. Oleskan tabir surya minimal 30 menit sebelum keluar rumah dan oleskan kembali pada kulit setiap dua jam. (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN