Permata Juliastrid Sari (dua dari kanan) dinobatkan menjadi Miss Cosmo 2024 pada 5 Oktober 2024. (BP/akun IG @tatajuliastrid)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketut Permata Juliastrid Sari, Putri Indonesia Pariwisata berhasil meraih gelar bergengsi Miss Cosmo 2024. Perempuan yang kerap disapa Tata Juliastrid ini sukses menjuarai kontes Miss Cosmo 2024 yang digelar pada Sabtu, 5 Oktober 2024 di Saigon Riverside Park, Vietnam.

Keberhasilannya ini menjadikan Tata sebagai Miss Cosmo Pertama. Mengutip dari Kantor Berita Antara, Tata berhasil menyisihkan 50-an kontestan dari seluruh dunia pada acara puncak Miss Cosmo 2024.

Pada babak dua besar yaitu sesi debat, ia berhasil menyisihkan pesaing terakhirnya yaitu kontestan dari Thailand.

Baca juga:  Dihadiri Ny. Tri Tito Karnavian, TP PKK Provinsi Bali Gelar Pasar Rakyat “Berbelanja dan Berbagi”

Miss Cosmo International merupakan ajang kecantikan (Beauty Pegeant) yang berbasis di Vietnam. Tahun ini merupakan tahun pertama penyelenggaraannya.

Berdasarkan akun Instagram resmi Miss Cosmo 2024, Ketut Permata Juliastrid Sari berhak memperoleh beberapa hadiah atas kemenangannya. Yakni, mahkota bergengsi untuk masa pemerintahan selama satu tahun, uang tunai sebesar 100 ribu dolar AS (sekitar Rp1,5 miliar), sebuah mobil dan masih banyak lagi.

Perempuan dengan nama lengkap Ni Ketut Permata Juliastrid Sari ini lahir pada 12 Juli 2003 di Denpasar, Bali. Ia merupakan anak ke-4 dari pasangan I Ketut Tawan dan Dwi Astuti Tawan.

Baca juga:  Susun Pergub Lindungi Produk Lokal, Pemprov Kumpulkan Disperindag se-Bali

Tata dibesarkan di Sanur, sebuah desa wisata di pesisir timur Kota Denpasar.

Berdasarkan laman PDDikti, Tata  menempuh pendidikan di Program Studi Manajemen Universitas Udayana pada 2021. Kemudian Tata beralih ke Desain Mode di Institut Desain dan Bisnis Bali pada 2022.

Sebelum terjun ke dunia kontes kecantikan, Tata memulai karirnya sebagai model. Setelah itu, ia mengikuti kontes Puteri Indonesia Bali 2024 dan meraih juara pertama.

Tata kemudian mengikuti ajang Puteri Indonesia 2024 dan meraih posisi runner-up. Setelah berpartisipasi dalam kontes tersebut, ia terpilih sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2024 dan mewakili Indonesia di Miss Cosmo 2024.

Baca juga:  Wakapolda Larang Personel "Over Acting" Unggah Tangkapan di Medsos

Sebagai Puteri Pariwisata Indonesia 2024, Tata Juliastrid aktif mengikuti berbagai kegiatan sosial. Hal ini terutama ditujukan untuk pengembangan pariwisata di banyak wilayah di Indonesia.

Dalam salah satu unggahan di akun pribadinya, ia mengenakan busana khas adat Bali. Melalui tampilan ini, ia ingin memperkenalkan budaya daerahnya dan menegaskan identitasnya sebagai orang Bali. (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN