Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Normalnya, orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam per hari. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang melakukan hal tersebut.

Salah satu penyebabnya adalah kegiatan yang ada lakukan setiap harinya. Maka dari itu penting untuk memperhatikan kebiasaan sehari-hari agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 hal yang harus dihindari karena membuat terganggunya kualitas tidur:

1. Selalu makan sebelum tidur

Ketika kalian makan sebelum tidur, yang dimana dapat membuat anda terbangun tengah malam seperti, buang air kecil dan buang air besar. Maka hal tersebut membuat jam tidur terganggu, apalagi jika memiliki masalah gangguan pencernaan yang dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan dan membuat muntah.

Baca juga:  Layak Dicoba, 5 Cara Mengusir Kantuk

Selain itu ketika terlalu sering makan sebelum tidur, berat badan menjadi naik karena tubuh tidak beraktivitas dan makanan yang dikonsumsi tidak akan dibakar atau diproses oleh tubuh, dan akhirnya disimpan sebagai lemak.

2. Melakukan pekerjaan sampai larut malam

Jangan membiasakan mengerjakan sesuatu hingga larut malam dan jam tidur sudah terlewat. Harus disadari, tubuh memerlukan istirahat yang cukup.

3. Bermain ponsel di tempat tidur

Bermain ponsel di tempat tidur sambil menunggu kantuk justru membuat kalian tidak bisa tidur. Karena cahaya yang dipancarkan ponsel mempengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang membuat semakin tidak bisa tidur atau tetap terjaga sepanjang malam. Hal ini menyebabkan gangguan tidur.

Baca juga:  Karena Nempel Narkoba, Karyawan Dibui Belasan Tahun

4. Minum kopi saat sebelum tidur

Kopi mengandung kafein yang biasanya meningkatkan kewaspadaan, memberi energi dan tidak membuat kalian tak cepat mengantuk. Minum kopi sebelum tidur, atau bahkan empat jam sebelumnya, bisa membuat terjaga sepanjang malam.

Selain meminum kopi, ada beberapa minuman juga yang dapat membuat kualitas tidur menjadi terganggu, yaitu, alkohol, minuman soda, dan teh.

5. Terlalu lama tidur siang

Terlalu lama tidur siang juga tidak baik untuk kualitas tidur di malam hari. Durasi tidur siang yang baik adalah 10 sampai 30 menit.

6. Berolahraga sebelum tidur

Olahraga setiap hari memang dianjurkan, tetapi tidak sebelum tidur. Berolahraga sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, dan tekanan darah.

Baca juga:  Lima Tahun Dipelihara, Buaya ''Kroto'' Diserahkan ke BKSDA Bali

Hal ini membuat tubuh sulit untuk rileks saat tidur dimalam hari. Maka dari itu jadwal olahraga yang baik disarankan pada pagi hari sampai sore hari saja.

7. Mencuci wajah menggunakan air dingin sebelum tidur

Mencuci muka dengan air dingin sebelum tidur,  mempengaruhi kualitas tidur. Sebab, air dingin merangsang tubuh untuk melepaskan energi dan membuat tetap terjaga.

Oleh karena itu, basuhlah wajah anda dengan air hangat sebelum tidur.

Nah, itu tadi 7 kebiasaan yang dapat menyebabkan kualitas tidur terganggu. Jadi, sebisa mungkin hindari lah kebiasaan-kebiasaan itu jika ingin memperoleh tidur yang berkualitas. (Ni Wayan Linayani/balipost)

BAGIKAN