Para korban saat dicek kondisi kesehatannya setelah berhasil diselamatkan. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Sebuah kapal dengan POB (Person On Board) 5 orang, tenggelam di perairan sebelah timur Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Sabtu (12/10). KM Nyaman Catamaran itu bertolak dari Pulau Serangan pada Kamis (10/10) pukul 05.00 WITA dengan tujuan Gili Gede Lombok.

Beruntung seluruh orang di kapal itu berhasil diselamatkan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar I Nyoman Sidakarya, S.H., mengatakan posisi kapal tenggelam berjarak 10 Nm dari Pulau Nusa Penida, yakni koordinat 8° 42.597’S-115° 44.381’E. Setelah menerima informasi dari VTS Benoa, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menggerakkan 6 personel dari Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Nusa Penida.

Baca juga:  Bangli Petakan Ancaman di Musim Kemarau, Sejumlah Desa Ini Rawan Kekeringan

Tim SAR lepas sandar dari Pelabuhan Sampalan Nusa Penida dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB). Namun, dalam perjalanan menuju lokasi, diperoleh informasi bahwa seluruh POB sedang dievakuasi oleh KMP Rama Giri Nusa, sekitar pukul 17.30 Wita. Mereka saat itu menemukan korban terombang-ambing. Sehingga segera melakukan evakuasi.

“Semua korban dalam keadaan selamat, dan tim akhirnya tiba di lokasi dan memastikan proses evakuasi berlangsung aman,” terangnya.

Baca juga:  Segera Diresmikan, Pelabuhan Sampalan Diuji Coba

Identitas para korban itu, diketahui atas nama Racmad Faisal (37) (Nahkoda), Taufiq Urrohman (27), Muhamad Albar (27) (ABK), Faul Stefen (30), Wahyudi (27). Selama berlangsungnya operasi SAR turut melibatkan unsur SAR dari Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Nusa Penida , VTS Benoa, RB 220 Mataram, BPBD Kabupaten Klungkung serta agent kapal Nyaman Catamaran.

Sidakarya menambahkan, tepat pukul 19.40 Wita KMP Rama Giri Nusa sandar di Pelabuhan Padangbai, Karangasem. Kemudian seluruh korban diserahkan kepada pihak Agent Kapal KM Nyaman Catamaran. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Wisatawan Asal Jabar Ditemukan Mengapung di Perairan Nusa Penida
BAGIKAN