Kebakaran lereng Gunung Agung terjadi pada Minggu (13/10) malam. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran di lereng Gunung Agung kembali terjadi. Api nampak berkobar pada Minggu (13/10) malam di lereng sebelah barat daya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, titik kebakaran terjadi di lereng Barat Daya Gunung Agung, yang diperkirakan lokasinya berada di atas Tirta Giri Kusuma. Lokasi kebakaran sekitar 2.300 mdpl, berjarak 4-5 km dari Pura Pengubengan dan pemukiman penduduk. Diduga, percikan api pada semak yang kering dan dipicu angin kencang memicu kebakaran ini.

Baca juga:  Populasi Jalak Bali di TNBB, Dahulu Hanya 6 Ekor kini 600 Ekor

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, pada Senin (14/10) mengungkapkan kebakaran lahan hutan di lerang Gunung Agung berada di wilayah Rendang. “Titik kebakaran ada di sebalah barat lereng Gunung Agung yang masih di wilayah Rendang,” ucapnya.

Arimbawa mengatakan, kalau saat ini pihaknya sedang menuju ke wilayah Rendang untuk memantau kebakaran tersebut. “Kita sudah berkoordinasi dengan petugas RPH setempat, perbekel, termasuk BPBD Provinsi juga akan turun. Ini kami mau jalan menuju Rendang,” katanya.

Baca juga:  Dari Polisi Asal Bangli Meninggal hingga Jenazah Korban Gempa Turki Tiba di Bali

Dia menjelaskan, hingga saat ini informasinya masih ada titik asap yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut. “Biasanya kalau pagi api mengecil, karena dapat embung pagi, dan siang nanti baru kembali akan kelihatan,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN