Tampak Presiden, Jan Ethes, dan La Lembah berkeliling melihat area terbuka di Solo Safari. (BP/Dokumen BPMI Setpres)

DENPASAR BALIPOST.com – Joko Widodo menyambut kelahiran cucu keenam yang merupakan anak pertama dari Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Cucu Jokowi lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda, Jakarta pada Selasa, 15 Oktober 2024, sekitar pukul 07.02 WIB.

Bayi perempuan tersebut lahir dengan berat 3,4 kg dan panjang 50 cm diberi nama Bebingah Sang Tansahayu. Nama Jawa tersebut mencerminkan doa orang tua terhadap buah hatinya.

“Bebingah itu yang buat bahagia. Sang Tansahayu itu dialah yang selalu cantik dalam tutur kata, paras, semuanya lah,” jelas Kaesang dikutip dari situs presidenri.

Dengan kelahiran anak pertama dari Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Keluarga Presiden Joko Widodo semakin lengkap. Jokowi sebelumnya telah dikaruniai lima cucu dari putra sulungnya Gibran Rakabuming dan putrinya Kahiyang Ayu.

Lalu siapa saja kelima cucu Presiden Jokowi yang lain?

Berikut daftarnya, dikutip dari berbagai sumber:

1. Jan Ethes Srinarendra

Jan Ethes Srinarendra adalah cucu pertama dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Jan Ethes lahir pada 10 Maret 2016 yang kini berusia 8 tahun, merupakan anak pertama dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Baca juga:  Numpang Tinggal di Rumah Temannya, Pengangguran Gasak Sejumlah Barang

Nama Jan Ethes sendiri mempunyai arti yang dalam dan bermakna. Kata “Jan” berarti “pemimpin yang cerdas” dan “Ethes” berarti “rajin dan cekatan”.

Nama ‘Srinarendra’ berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘pemimpin yang bercahaya’. Namanya menimbulkan harapan besar bahwa Jan Ethes akan menjadi sosok pemimpin yang cerdas dan bijaksana.

Sebagai cucu pertama Presiden Jokowi, Jan Ethes kerap menjadi sorotan publik. Sejak kecil, kelakuan polosnya memikat banyak orang. Ia sering terlihat menemani kakeknya baik dalam kegiatan resmi maupun tidak resmi.

2. Sedah Mirah Nasution

Sedah Mirah Nasution merupakan cucu kedua dari Presiden Joko Widodo. Sedah Mirah lahir pada 1 Agustus 2018, kini berusia 6 tahun, anak pertama dari pasangan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Nama Sedah Mirah berasal dari bahasa Jawa yang mengandung sebuah harapan agar putrinya menjadi anak menawan, soleha dan dermawan bagi orang-orang sekitar. Dan Nasution merupakan marga dari pihak sang Ayah.

Sedah yang telah memasuki bangku Sekolah Dasar, kerap kali terlihat mengikuti kegiatan sang ayah yang kini menjabat sebagai Wali Kota Medan. Tak jarang ia juga akan menghabiskan waktunya dengan sang kakek dikala senggang.

Baca juga:  IBTK, Ribuan Umat Ikut Melasti

3. La Lembah Manah

La Lembah Manah adalah anak kedua dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Adik dari Jan Ethes tersebut lahir pada 19 November 2019, kini berusia 5 tahun.

Arti Lembah Manah adalah sifat rendah hati. Namun awalan “La” di awal nama berasal dari singkatan bahasa Jawa “luwes anakku”, “lomo anakku”.

Luwes dan lomo adalah kata sifat dalam bahasa Jawa yang berarti fleksibel, mudah beradaptasi, dan mau berbagi.

Bersama dengan sang kakak, La Lembah kerap kali terlihat dengan sang kakek saat mengunjungi acara-acara yang bersifat edukatif dan hiburan​.

4. Panembahan Al Nahyan Nasution

Panembahan Al Nahyan Nasution adalah cucu ke-4 dari Presiden Jokowi. Nahyan merupakan anak kedua dari Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Adik dari Sedah Mirah tersebut lahir pada 3 Agustus 2020, dan saat ini berusia 4 tahun.

Melansir dari Wikipedia, Panembahan memiliki makna “Yang Dipertuan” dalam Bahasa Jawa. Kata Panembahan berasal dari kata manembah, yang artinya menyembah.

Baca juga:  Wajib Baca! Jadwal dan Syarat PPDB Denpasar Tingkat TK hingga SMP

Lalu, untuk Al Nahyan sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya seorang yang bijak. Tak cuma itu, Nahyan merupakan nama mantan Presiden Uni Emirat Arab, Zayed bin Sultan Al Nahyan. Sementara Nasution merupakan marga dari sang Ayah.

Nahyan sering terlihat dalam berbagai aktivitas bersama keluarganya, terutama saat momen liburan. Misalnya, selama Lebaran tahun 2024, Nahyan dan sepupunya Sedah Mirah berpartisipasi dalam kegiatan wisata edukatif mengenal satwa.

5. Panembahan Al Saud Nasution

Panembahan Al Saud Nasution merupakan anak ketiga dari Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution yang lahir pada 25 Agustus 2022. Adik dari Sedah Mirah dan Nahyan tersebut saat ini menginjak usia 2 tahun.

Cucu ke-5 Jokowi ini memakai nama `Panembahan’ yang berarti orang yang dijunjung tinggi. Adapun, Saud merupakan salah satu nama raja di Arab Saudi. Selain itu, dalam Bahasa Arab, ‘saud’ atau ‘su’ud’ juga memiliki arti keberuntungan dan seseorang yang diberkahi. Sedangkan Nasution merupakan marga sang ayah. (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN