Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada masa kampanye pilkada Denpasar saat ini, KPU setempat akan menggelar debat untuk kedua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung pada pilkada 27 November 2024. Debat pertama digelar pada Sabtu (19/10). Sedangkan debat II digelar Rabu (6/11) mendatang.

Debat ini akan diikuti dua pasangan calon atau paslon yakni nomor urut 1 Gede Ngurah Ambara Putra–I Nengah Yasa Adi Susanto (Abdi) dan paslon nomor urut 2 I Gusti Ngurah Jaya Negara–I Kadek Agus Arya Wibawa (Jaya-Wibawa). Lokasi debat pertama akan digelar di Hotel Prama, Sanur.

Baca juga:  43 TPS Pilkada Ditargetkan Diisi KPPS Khusus Perempuan

Ketua KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni dikonfirmasi, Jumat (18/10) mengatakan pelaksanaan debat akan dimulai pukul 19.00 WITA. Debat ini akan disiarkan secara langsung oleh TVRI, kanal YouTube KPU Denpasar, serta direlay Bali TV dan Jawapos TV. Acara debat ini juga bisa disaksikan secara langsung di akun YouTube dan Facebook Bali TV.

Debat perdana ini, mengusung tema “Dinamika dan Tantangan Denpasar Menuju Smart City.” Tampil sebagai moderator, Ketut Udi Prayudi dan Ni Made Anggia Pramesti Fajar.

Baca juga:  24 Orang Diduga WNA Ditemukan Masuk dalam DPS

Sesuai Keputusan KPU Nomor 1363 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Kampanye, pihaknya membentuk tim perumus untuk membantu persiapan pelaksanaan debat. Di antaranya menyusun tema, merekomendasikan tim panelis, membuat publikasi dan lainnya.

“Tim perumus dan panelis berasal dari unsur akademisi, profesional, dan atau tokoh masyarakat,” katanya.

Debat publik antarpasangan calon terdiri dari enam segmen yang disusun secara berurutan. Pada segmen pertama, dimulai dengan pembukaan yang mencakup pembacaan tata tertib serta penyampaian visi, misi, dan program dari masing-masing pasangan calon.

Baca juga:  Sejumlah Hotel Mulai Bersiap Sambut Nyepi

Segmen kedua dan ketiga difokuskan pada pendalaman visi, misi, dan program pasangan calon yang dipandu oleh moderator.

Selanjutnya, segmen keempat dan kelima memberikan kesempatan kepada pasangan calon untuk saling bertanya dan memberikan sanggahan terhadap pernyataan satu sama lain. Debat ditutup pada segmen keenam dengan sesi penutupan yang mengakhiri seluruh rangkaian acara. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN