Nasi Babi Guling. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali kaya akan pilihan kuliner yang terkenal dengan kelezatannya. Sebab, bumbu yang digunakan sangat unik sehingga membuat kuliner khas Bali tak terlupakan.

Selain menarik minat wisatawan, makanan khas Bali ini juga digemari kalangan gen z saat ini.

Berikut 5 makanan khas Bali yang lagi trend dan digemari Gen Z, dikutip dari berbagai sumber :

1. Babi Guling

Babi Guling merupakan masakan khas Bali yang sangat populer. Meski tidak halal bagi umat Islam, namun warga lokal maupun mancanegara dan terutama kalangan Gen Z sangat menggemarinya. Oleh karena itu, tak heran jika kuliner khas Bali ini dikenal hingga ke pelosok tanah air.

Baca juga:  Begini, Tips Atasi Anak Susah Makan

Dagingnya yang empuk dan cita rasa rempah khas Bali yang unik menjadikannya kuliner wajib dicoba saat berkunjung ke Pulau Dewata.

2. Ayam betutu

Kebanyakan orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu ayam betutu. Sajian ayam yang satu ini juga menjadi kegemaran kalangan Gen Z. Kaya akan cita rasa beragam bumbu, keistimewaan lain dari ayam betutu Bali adalah cara penyajiannya dengan daun singkong berbumbu rempah yang sudah dimasukkan dalam perut ayam saat memasaknya.

Baca juga:  Pujawali Pura Rambut Siwi Dilaksanakan Dua Hari

3. Laklak

Lalak adalah jajanan tradisional khas Bali yang bentuknya mirip Surabi. Pembuatan jajanan ini juga memanfaatkan kendi yang diletakkan di atas api.

Saat sudah matang, laklak menjadi lembut dan renyah di luar. Lalu laklak diberi campuran kelapa parut, dan gula merah cair untuk menambah rasa gurih dan manis.

4. Rujak kuah pindang 

Rujak kuah pindah adalah makanan khas Bali yang cukup digemari Gen Z maupun wisatawan. Dengan perpaduan rasa kuah pindang pedas manis dan irisan buah yang menggugah selera, kuliner satu ini cocok disantap saat siang hari.

Baca juga:  Mendem Pedagingan di Pura Kahyangan Desa Adat Sumerta

5. Nasi jinggo

Makanan khas Bali selanjutnya yaitu nasi jinggo. Nasi ini cukup spesial karena harganya yang sangat murah.

Tak heran, banyak Gen Z yang suka dengan makanan khas Bali satu ini.

Penyajian nasi jinggo biasanya dengan ayam suir berbumbu merah, mie, goreng tempe manis dan sambal sebagai pelengkapnya.

Jadi itulah 5 kuliner khas Bali yang digemari Gen Z. Selain 5 makanan ini, masih banyak lagi makanan kuliner yang bisa dicoba saat berada di Bali. (Ni Wayan Linayani/balipost)

BAGIKAN