Petugas mengevakuasi jasad lansia yang terbakar di pekarangan rumahnya. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Seorang pria lanjut usia (lansia) ditemukan meninggal dunia akibat terbakar di pekarangan belakang rumahnya di Jalan Gunung Agung, Desa Dajan Peken, Tabanan, Senin (21/10). Korban, Sukasdi (81), pertama kali ditemukan oleh tetangga yang melihat api di lokasi pembakaran sampah.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.30 WITA. Berdasarkan keterangan dari Purgianto (54), anak korban sekaligus pelapor, sekitar pukul 14.00 WITA, ia sempat menegur ayahnya yang sedang membakar sampah di pekarangan.

Baca juga:  14 Warga Meninggal dan 162 Orang Luka-luka Akibat Gempa di Lombok

Ia memperingatkan agar tidak membakar sampah pada siang hari karena cuaca panas dan angin yang berhembus kencang. Namun, tegurannya tidak dihiraukan.

Setelah itu, Purgianto kembali bekerja di gudang sablon yang berada di samping rumah korban. Sekitar pukul 14.30 WITA, tetangga korban, Sahamudin, datang memberitahukan bahwa terlihat seperti “boneka terbakar” di area pembakaran.

Merasa curiga, Purgianto segera mencari ayahnya di dalam rumah dan sekitarnya, namun tidak ditemukan. Saat ia memeriksa lokasi pembakaran, ia menemukan bahwa yang terbakar ternyata adalah ayahnya sendiri.

Baca juga:  Spa dan Gardu Listrik Terbakar

Purgianto segera meminta bantuan warga untuk memadamkan api yang masih menyala menggunakan selang air. Setelah api padam, ia melaporkan kejadian tersebut kepada kepala wilayah setempat, kemudian melanjutkannya ke pihak kepolisian.

Kasi Humas Polres Tabanan, Iptu Gusti Made Beratha membenarkan adanya laporan tersebut. Dikatakannya Polsek Tabanan juga telah melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti kebakaran yang merenggut nyawa korban. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Di Karangasem, Ratusan Lansia Masih Terlantar
BAGIKAN