Willow, kucing peliharaan Presiden AS, Joe Biden. (BP/Sumber Foto Instagram @willowbidenpawfficial)

DENPASAR, BALIPOST.com – Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto resmi menduduki Istana Negara di Jakarta usai acara pelantikan resminya pada Minggu, 20 Oktober 2024. Yang menarik, seekor kucing bernama Bobby Kertanegara ikut pindah ke Istana Negara mendampingi Prabowo menjalankan tugasnya.

Bagi kebanyakan orang, memiliki hewan peliharaan adalah sebuah pilihan. Ada banyak kemungkinan penyebabnya, mulai dari mengurangi rasa lelah hingga anjuran sebagai bentuk terapi.

Beberapa kepala negara di seluruh dunia juga mempunyai hewan peliharaan dan sering terlihat di dekatnya. Berikut para pemimpin dunia dan peliharaan kesayangan mereka, disarikan dari berbagai sumber:

1. Larry, Chief Mouser to the Cabinet Office

Seekor kucing yang didominasi warna coklat dan putih bernama Larry telah menjadi kucing pertama yang diberi peran sebagai kepala penangkap tikus di Kantor Kabinet Perdana Menteri Inggris. Hal ini ditulis di www.gov.uk, situs resmi pemerintah Inggris.

Baca juga:   Verifikasi Faktual, PDIP Yakin Lolos

Larry pertama kali diadopsi dari Battersea Dogs and Cats Home pada tanggal 15 Februari 2011. Karena posisinya, Larry diberi tugas utama  menangani tikus pada tahun , tahun hidup Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

2. Anjing-anjing peliharaan Putin

Pemimpin Rusia Vladimir Putin memiliki beberapa hewan peliharaan. Presiden Putin memiliki beberapa anjing dan sering memamerkannya ketika mengunjungi para pemimpin negara lain.

Anjing-anjing ini merupakan hadiah dari para pemimpin dunia lainnya, termasuk Pasha dan Verni dari para pemimpin Serbia dan Turkmenistan, Akita dari Prefektur Akita Jepang, dan Buffy dari Bulgaria.

Baca juga:  Joe Biden Menangkan Pilpres AS

3. Willow dan Commander Kesayangan Biden di Gedung Putih

Kucing adalah hewan peliharaan Presiden AS Joe Biden. Kucing domestik berbulu pendek itu bernama Willow.

Nama kucing itu diambil dari  kampung halamannya di Willow Grove, Pennsylvania. Keluarga Biden juga memiliki seekor anjing gembala Jerman bernama Commander.

4. Harimau peliharaan Sultan Brunei

Berbeda dengan pemimpin dunia lainnya, Sultan Brunei memiliki preferensi unik dalam hal hewan peliharaan.

Menurut berbagai sumber, Sultan Brunei memiliki kebun binatang pribadi, yang tidak mengherankan jika menampung hewan-hewan yang biasanya tidak  dipelihara oleh umum.

Harimau, flamingo, dan hewan lainnya dirawat dengan cermat di kebun binatang mini. Hewan-hewan ini bukan sekadar hewan peliharaan, mereka sering diperlihatkan kepada para pemimpin negara lain saat berkunjung.

Baca juga:  Indonesia Tak Tergesa-gesa Nyatakan Pandemi Berakhir

5. Anjing-anjing Kim Jong Un dan Kim Jong Il

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengikuti jejak ayahnya, Kim Jong-il, yang menyukai segala hal yang mewah, termasuk memiliki berbagai jenis anjing.

Menurut laporan di surat kabar Korea Chosun Ilbo, Kim Jong Il dikatakan telah membeli lusinan anjing gembala Jerman, Shih Tzus, dan anjing dari Prancis dan Swiss setiap tahun.

Surat kabar tersebut juga mengatakan bahwa dia membeli makanan anjing impor, sampo, dan perlengkapan hewan peliharaan lainnya, dan membawa dokter hewan asing ke Pyongyang untuk merawat anjing-anjing tersebut. (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN