Dua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Denpasar pada Pilkada 2024, Gede Ngurah Ambara Putra – I Nengah Yasa Adi Susanto (Abdi), dan I Gusti Ngurah Jaya Negara – I Kadek Agus Arya Wibawa (Jaya-Wibawa) mengikuti debat terbuka di Denpasar, Sabtu (19/10/2024) malam. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST. com – Dalam Pilkada Serentak 2024, KPU Provinsi, Kabupaten, maupun Kota di Bali memfasilitasi pelaksanaan debat antarpasangan calon untuk menyampaikan visi dan misi ke masyarakat.

Debat publik ini dilakukan dengan jadwal yang berbeda-beda.

Berikut jadwal debat publik yang akan dilakukan oleh masing-masing paslon pemimpin daerah di Bali, disarikan dari berbagai sumber:

1. Provinsi Bali

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali menyiapkan tiga kali debat calon gubernur dan wakil gubernur dengan enam tema didalamnya.

Debat Pilkada Bali 2024 akan digelar pada 30 Oktober, 9 November, dan 20 November (tentatif).

Tema debat pertama sudah ditetapkan, yaitu Memformat Bali Menuju Pariwisata Berkelanjutan. Tema ini terdiri dari 5 sub tema. Diantaranya, Hukum dan Kamtibnas, Isu Lingkungan dan Tata Ruang, Ketahanan Budaya, Infrastruktur dan Moda Transportasi, dan Ekonomi Pariwisata.

Untuk debat kedua, mengambil tema Menyikapi Dinamika Otonomi Daerah di Bali. Subtemanya yaitu Hubungan Pusat – Daerah, Pajak dan Retribusi Daerah, Collaborative Governance (Pentahelix), Inovasi Daerah dalam Menggali Sumber-Sumber Pendapatan Asli Daerah, dan Pembangunan Sumber Daya Manusia.

Sedangkan debat ketiga, mengusung tema Ngardi Bali Shanti lan Jagaditha. Subtemanya, yaitu Isu Ketenagakerjaan; Perempuan, Anak, dan Kaun Marginal, Smart Agriculture, Digitalisasi Pelayanan Publik, dan Pendidikan dan Kesehatan Fisik dan Mental.

Baca juga:  Bali Tambah Merah! Satu Kabupaten Lagi Masuk Zona Risiko Tinggi COVID-19

KPU Bali merancang Denpasar sebagai lokasi debat kandidat peserta Pilkada Bali 2024. Konsep debat paruman, atau rapat banjar khas Bali dengan duduk bersila dan berbicara santun tanpa kerumunan pendukung.

2. Kota Denpasar

Sesuai dengan kesepakatan oleh masing-masing Tim Kampanye paslon, KPU Kota Denpasar akan melaksanakan debat selama 2 kali, yakni pada 19 Oktober 2024 dan 6 November 2024.

Debat pertama dilaksanakan pada 19 November 2024, pukul 19.00 WITA sampai dengan 21.00 WITA, dengan tema debat “Dinamika dan tantangan Kota Denpasar menuju Smart City.” Sub tema debat terdiri dari transportasi, literasi dan digitalisasi ekonomi, sampah, pendidikan, kamtibnas, dan pariwisata.

Sedangkan debat kedua berlangsung pada 6 November 2024.

3. Kabupaten Badung

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung debat akan digelar 3 kali.

Debat pertama pada 25 Oktober 2024 digelar di Hotel Trans.

Debat kedua akan dilaksanakan pada 8 November 2024 di Balai Budaya Giri Nata Mandala.

Debat ketiga sekaligus terakhir akan diadakan pada 22 November 2024, juga bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala.

Topik utama yang akan dibahas antara lain pariwisata berkelanjutan berbasis budaya, pengelolaan sampah, kemacetan, serta pertanian dan ekosistem berkelanjutan.

Baca juga:  Wisatawan Keluhkan Retribusi Ganda di Nusa Penida

4. Kabupaten Gianyar

KPU Gianyar akan menggelar debat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar sebanyak dua kali. Untuk debat pertama dijadwalkan 9 November dan debat kedua pada 21 November.

Debat akan berlangsung di Hotel Prime Plaza, Sanur. Tema dan sub tema masih akan dirapatkan.

5. Kabupaten Bangli

KPU Kabupaten Bangli mengagendakan debat terbuka untuk 3 pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bangli. Agenda debat dilakukan sebanyak tiga kali.

Jadwal debat pertama dilakukan Rabu 24 Oktober 2024, Sedangkan dua kali sisanya direncanakan pada 5 dan 21 November 2024.

6. Kabupaten Tabanan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan merancang debat pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Tabanan sebanyak tiga kali.

Adu gagasan ini rencananya digelar di gedung tertutup alias tidak digelar seperti paruman banjar seperti yang diwacanakan.

Sesuai rancangan sementara, debat dijadwalkan pada 31 Oktober, 13 November dan 20 November. Tempat rencananya digelar di salah satu hotel di wilayah Denpasar.

7. Kabupaten Klungkung

KPU Klungkung akan menggelar dua kali debat bagi para pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Klungkung pada Pilkada Klungkung 2024.

Baca juga:  Penilaian Tuntas, Ini 32 Nominasi Ogoh-ogoh di Denpasar

Kegiatan tersebut akan digelar pada 15 November dan 22 November 2024.

Terkait dengan tema debat yaitu, pengelolaan pariwisata, manajemen penanganan sampah dan pembangunan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali (PKB).

8. Kabupaten Karangasem

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem berencana akan melakukan tiga kali debat untuk ketiga pasangan calon (paslon) di Pemilihan Bupati (Pilbup) Karangasem 2024.

Debat tersebut rencananya dilaksanakan di luar Karangasem, pada 27 Oktober 2024, 3 November 2024, dan 10 November 2024.

9. Kabupaten Jembrana

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jembrana, debat akan dilaksanakan sebanyak 2 kali.

Debat pertama pada 26 Oktober 2024 di Hotel Prama, Sanur. Debat kedua masih dijadwalkan untuk waktu dan tempatnya, kemungkinan antara 6 hingga 10 November.

10. Kabupaten Buleleng

KPU Buleleng memutuskan melaksanakan 3 kali debat untuk para paslon Pilkada 2024.

Debat pertama digelar pada Rabu, 23 Oktober 2024 di Buleleng.

Sedangkan untuk debat kedua dan ketiga akan digelar November mendatang. Yakni pada 10 dan 12 November 2024.

Enam materi yang telah disiapkan dalam debat, adalah kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, peningkatan pelayanan, penyelesaian persoalan daerah, penyelarasan pembangunan dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Ni Wayan Linayani/Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN