Masyarakat melihat pameran Alutsista yang digelar Kodam IX/Udayana memperingati HUT ke-79 TNI. (BP/Melynia Ramadhani)

DENPASAR, BALIPOST.com – Memperingati HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodam IX/Udayana menggelar pameran alat utama sistem senjata (alutsista) di salah satu mal, Denpasar.

Tak hanya pameran alutsista, Kodam juga menggelar bazar UMKM. Tujuannya untuk memberikan ruang bagi para pelaku usaha kecil dan menengah untuk memamerkan produk-produk lokal mereka.

Pameran tersebut dibuka Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.IP., M.Si., yang menyebutkan kolaboraai antara pameran alutsista dan UMKM bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Selain itu memperkenalkan lebih luas hasil karya UMKM kepada masyarakat.

Baca juga:  Lagi, Bangkai Hiu Paus Terdampar di Pekutatan

Dalam sambutannya, Pangdam Zamroni menyampaikan tujuan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat. Terutama generasi muda untuk lebih mengenal dan memahami tugas serta peran TNI dalam menjaga kedaulatan negara.

Pangdam juga mengapresiasi keterlibatan UMKM yang diharapkan dapat menjadi dorongan positif bagi para pelaku usaha lokal. “Pameran ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi-informasi yang diperlukan oleh masyarakat. Mudah-mudahan pameran ini menghadirkan dimensi baru untuk memotivasi generasi muda kita bergabung dengan TNI. Mudah-mudahan bisa memberikan kontribusi baik bagi tempat ini maupun masyarakat Bali,” ujarnya.

Baca juga:  Kapolda Golose Akui Personelnya Terpapar COVID-19

Pameran tersebut diikuti 14 UMKM lokal bidang fashion, makanan dan kriya. Kegiatan ini berlangsung mulai 24 hingga 27 Oktober 2024.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M. mengatakan pameran alutsista tersebut tidak hanya bertujuan untuk menunjukkan kekuatan dan kesiapan pertahanan TNI, tetapi juga untuk lebih mendekatkan dengan masyarakat. Selain itu, kehadiran pameran UMKM pada acara ini juga menjadi salah satu upaya untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Ribuan Ekor Ikan Mati, Petani Danau Batur Merugi
BAGIKAN