Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Minum kopi berlebihan tak baik bagi kesehatan. Sebab, kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan yang dapat menimbulkan dampak berbahaya.

Berikut sembilan dampak bahaya yang disebabkan oleh kafein yang dikutip dari Healthline :

1. Gangguan Kecemasan

Kafein memang dapat meningkatkan kewaspadaan. Namun, dalam dosis yang tinggi, justru dapat menyebabkan kecemasan dan kegugupan. Asupan yang mencapai 1000 mg atau lebih per hari dapat menyebabkan kegugupan, kegelisahan, dan gejala serupa pada kebanyakan orang.

2. Menyebabkan Insomnia

Kafein biasanya dikonsumsi orang-orang yang ingin fokus dan tidak mengantuk saat bekerja. Namun, terlalu banyak kafein dapat mempersulit untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Baca juga:  Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Polisi Perkuat Pengamanan

3. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Meskipun kopi dalam jumlah kecil hingga sedang dapat meningkatkan motilitas usus, dosis yang lebih besar dapat menyebabkan diare atau GERD.

4. Menyebabkan Kerusakan Otot

Rhabdomyolysis merupakan kondisi di mana serat otot yang rusak memasuki aliran darah, sehingga menyebabkan gagal ginjal dan masalah lainnya. Penyebabnya yaitu trauma, infeksi, penyalahgunaan obat, dan gigitan ular atau serangga berbisa. Namun, beberapa penelitian menyebutkan, konsumsi kafein yang berlebih dapat menyebabkan rhabdomyolysis.

5. Menyebabkan Kecanduan

Baca juga:  Terungkap, Identitas Jasad Mr. X Ditemukan di Poskamling

Kafein dapat menyebabkan ketergantungan psikologis atau fisik, jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

6. Tekanan Darah Tinggi

Kafein yang dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat meningkatkan tekanan darah karena efek stimulasinya pada sistem darah. Namun, efek pada tekanan darah ini hanya bersifat sementara, tapi memiliki dampak paling kuat pada orang yang tidak terbiasa mengonsumsinya.

7. Detak Jantung Menjadi Lebih Cepat

Efek stimulasi dari asupan kafein yang tinggi dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan ritme detak jantung yang disebut fibrilasi atrium.

Baca juga:  Mayoritas Kasus Aktif COVID-19 Bali Jalani Isoman dan Isoter, Cuma Segini Dirawat di RS

8. Menyebabkan Kelelahan

Kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya mungkin dapat meningkatkan tingkat energi. Namun, mereka juga dapat memberikan efek yang sebaliknya dengan menyebabkan kelelahan setelah kafein meninggalkan sistem tubuh.

9. Menjadi Sering Buang Air Kecil dan Urgensi

Sering buang air kecil adalah efek samping yang umum dari asupan kafein yang tinggi karena efek stimulasi senyawa tersebut pada kandung kemih.

Jika kamu merasakan salah satu dari dampak di atas, sebaiknya kamu mengurangi dosis kafein yang dikonsumsi. Hal ini penting untuk menjaga kesehatanmu. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *