Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – LDR (Long Distance Relationship) atau hubungan jarak jauh adalah pilihan tersulit pada setiap hubungan. Beberapa orang mungkin merasa bahwa mereka tidak bisa menjalani hubungan jarak jauh karena takut hubungannya putus di tengah jalan.

Namun, ada beberapa orang yang bisa menjalani LDR dan hubungan mereka tetap awet dan harmonis. Lima tips ini bisa kamu kepoin saat kamu dan pasangan memutuskan untuk menjalani hubungan jarak jauh.

1. Berkomitmen

Jika kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk LDR artinya kalian juga sudah berkomitmen satu sama lain. Komitmen itu bisa dalam bentuk saling menjaga diri, menjaga hati, tetap berkomunikasi, hingga berkomitmen untuk menjaga hubungun sampai kalian bertemu kembali.

Baca juga:  Perbaikan Jalan Nangka Mulai Digarap

2. Jaga Komunikasi

Meski tidak bisa bertemu tatap muka, tapi kalian tetap bisa berkomunikasi melalui aplikasi chating, voice call, atau video call. Jagalah komunikasi kalian dengan saling mengabari dan saling bercerita satu sama lain.

Namun, ingatlah jangan terlalu berlebihan. Misalnya menanyakan kegiatannya setiap waktu, itu hanya akan membuatnya risih dan merasa bahwa kamu tidak percaya dengannya. Kamu mungkin bisa berkomunikasi dengan pasangan di malam hari atau saat istirahat dan menceritakan hari-hari.

Baca juga:  Bali Dinobatkan Provinsi Berkinerja Terbaik Kurangi Sampah

3. Saling Percaya

Saat menjalani LDR mungkin kamu takut pasanganmu akan bertemu dengan orang baru dan takut dia selingkuh darimu. Pikiran-pikiran negatif seperti itu hanya akan merusak hubungan dan membuatmu overthinking. Maka dari itu, sebaiknya kamu percaya dengan apa yang dilakukannya dan hindari pikiran-pikiran negatif seperti itu.

4. Jujur dengan Pasangan

Salah satu kunci untuk saling percaya adalah bersikap dan berkata jujur kepada pasangan. Jika kamu berbohong, dia akan merasa kecewa dan kemungkinan terburuknya dia juga akan ikut berbohong. Katakanlah yang sejujurnya pada pasanganmu.

Baca juga:  Umat Hindu Perlu Rumuskan Kembali Strategi Dharma Negara

5. Luangkan Waktu Bertemu

Jika tempat kamu dan pasangan masih bisa dijangkau atau mungkin kalian punya anggaran lebih, kalian bisa meluangkan waktu untuk bertemu. Bertemu dengannya akan mengobati rasa rindu dan kamu juga bisa banyak hal padanya. Alangkah baiknya jika kamu bisa bertemu rutin, misalnya bertemu sebulan sekali.

Rasa takut hanya akan membuatmu overthinking dan hubunganmu menjadi renggang. Cobalah untuk berani menjalaninya dan tumbuhkan sikap saling percaya satu sama lain. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *