Ilustrasi. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sikap posesif pada sebuah hubungan masih sering terjadi. Posesif merupakan awal dari sikap mengontrol, mengatur, atau menguasai orang lain.

Memiliki hubungan dengan pasangan yang posesif dapat membuatmu merasa lelah secara mental dan fisik. Berikut lima ciri-ciri yang ada pada pasangan posesif :

  1. Cemburu Berlebihan

Ciri pertama pasangan posesif adalah cemburu berlebihan, bahkan cemburu dengan hal-hal yang tidak perlu. Di tahap seperti ini, dia mungkin saja merasa cemburu ketika kamu menghabiskan waktu bersama teman atau bahkan keluargamu. Kamu akan selalu diminta mengabarkan keadaan dan apa yang kamu lakukan setiap detik dan menitnya. Selain itu, pasanganmu juga tidak akan segan-segan untuk meneleponmu jika kamu tidak membalas pesannya.

Baca juga:  RSUD Buleleng Belum Layani Kemoterapi dan Radioterapi

2. Emosi Tidak Stabil

Pasangan yang posesif juga memiliki emosi yang tidak stabil. Kondisi ini kerap ditunjukkan karena dia tidak ingin kehilangan dirimu. Misalnya, ketika terjadi pertengkaran atau kesalahpahaman, dia akan marah-marah padamu. Namun, beberapa saat setelahnya, bisa saja dia mengungkapkan rasa bersalah dengan wajah sedih atau menangis.

3. Mengekang

Sikap cemburu yang berlebihan juga akan berakhir dengan sikap mengekang. Pasanganmu akan melarangmu melakukan sesuatu yang tidak dia sukai. Bisa saja dia melarangmu melakukan kegiatan yang kamu suka, tapi dia tidak suka. Lebih parahnya, dia akan mengatur semua hal yang ada pada dirimu, seperti pekerjaan, waktu, hingga pakaian. Dalam hal ini, antara hubunganmu dengannya, tidak akan ada privasi dan ruang untukmu sendiri.

Baca juga:  Desa di Denpasar Ini Kembali Catatkan Tambahan Kasus Transmisi Lokal COVID-19

4. Egois

Ciri-ciri posesif lainnya ditunjukkan oleh sifat egois, yaitu selalu ingin menang sendiri. Meski kamu memiliki pendapat yang berbeda, dia tidak akan mendengarkan pendapatmu karena dia merasa bahwa pendapatnya yang paling benar. Terutama dalam hal pertengkaran atau memutuskan sesuatu, kamu akan menjadi orang yang paling sering mengalah.

5. Manipulatif

Sikap manipulatif merupakan taktik yang digunakan seseorang untuk mendapatkan kendali atas orang lain, biasanya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan seringkali mengorbankan orang lain. Orang yang manipulatif akan menggunakan strategi tidak jujur hingga eksploitatif yang merugikan diri sendiri.

Baca juga:  Tambahan Pasien COVID-19 Sembuh Lebih dari Dua Kali Lipat Kasus Baru, Korban Jiwa Masih Bertambah

Jika kamu merasa bahwa pasanganmu memiliki ciri-ciri di atas, sebaiknya kamu mempertimbangkan kembali hubunganmu dengannya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *