I Gede Abi Yudita Putra. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Seorang anak kelas VI SD di Amlapura, I Gede Abi Yudita Putra (12) meraih prestasi membanggakan. Ia menjadi juara tingkat nasional dalam lomba matematika yang digelar Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja.

Putra pertama pasangan I Nengah Swadi SH dengan dr Ni Made Ety Yunitari, Sp,PK, ini berhasil membawa pulang piala bergilir Gubernur Bali ke Karangasem. Dalam final yang digelar di Undiksha, Sabtu (25/2), Abi berhasil menyingkirkan 19 peserta lainnya dengan skor 255 sekaligus menjadi skor tertinggi dalam kompetisi sains bidang ilmu pendidikan matematika tersebut.

Baca juga:  KI Bali Usulkan Kuota Rombel PPDB Dimaksimalkan, Penerimaan Gunakan NEM

Sukses menjadi juara dalam lomba matematika nasional tingkat SD tersebut, Abi mendapat undangan untuk mengikuti kompetisi serupa tingkat internasional yang digelar IMAS (Internasional Matematika Assessment For Scol). “Abi selalu menunjukkan progress bagus dan selalu berkeinginan untuk menjadi yang terbaik,” kata I Wayan Widnyana, seorang guru SMPN 2 Amlapura, yang menjadi pembimbing Abi selama ini, Senin (27/2).

Kepala Sekolah SD Insan Mandiri Amlapura, Sr. M. Yuventia, SPM, S,Pd, mengatakan, Abi yang merupakan anak didiknya memang sudah terkenal sebagai anak mahir dalam matematika. Pelajaran di bidang IPA juga cukup membanggakan. “Abi memang anak yang pintar, di kelas dan di sekolah dia selalu menjadi yang terbaik. Jiwa kompetisinya sudah terlihat sejak mulai duduk di bangku sekolah kelas I,” katanya.

Baca juga:  Seratusan Ribu Warga Karangasem Sudah Divaksinasi

Sementara itu, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga I Wayan Sutrisna mengatakan prestasi ini mampu mengangkat dunia pendidikan Karangasem di tingkat nasional. “Kami tentu sangat mengapresiasinya, ini prestasi yang sangat luar biasa,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *