Rektor Unmas Made Sukamerta dan WR Komang Budiarta saat diterima sraf KBRI Tiongkok, Jumat (14/6). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tahun lalu Universitas Mahasaraswati Denpasar (Unmas Denpasar) menerima 27 mahasiswa baru untuk Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) Unmas Denpasar. Tahun ini, Program Studi Kedokteran akan menerima 50 calon mahasiswa baru.

Pendaftaran sudah berlangsung secara terintegrasi dengan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Unmas Denpasar tahun akademik 2024/2025.

SPMB FK Unmas Denpasar dilakukan dua jalur yakni jalur Prestasi Minat dan Kemampuan Akademik hasilnya sudah diumumkan pada 22 Maret. Kini dilanjutkan pendaftaran jalur reguler gelombang I dibuka 6 Mei – 29 Juni 2024, seleksi 30 Juni dan hasilnya diumumkan 5 Juli 2024.

Sementara jika kuota belum terpenuhi dibuka gelombang II mulai 1 Juli – 16 Agustus 2024, seleksi diadakan 18 Agustus dan hasilnya diumumkan 23 Agustus 2024.

(BP/Istimewa)

Biaya kuliah Kedokteran Unmas Denpasar sangat terjangkau. Biaya pertama kuliah hanya dikenakan Rp 29.645.000 sudah termasuk UKT semester 1. Selanjutnya hanya dikenakan Rp 18.695.000 per semester.

Baca juga:  Gavin Tak Sabar Berlatih Bersama Tim

Bagi lulusan SMA yang ingin memilih FK Unmas Denpasar dipersilakan mendaftar langsung ke kampus pusat di Jl. Kamboja Denpasar atau lewat link: spmb.unmas.ac.id.

Rektor Unmas Dr. I Made Sukamerta, M.Pd. mengungkapkan program FK Unmas Denpasar ini adalah untuk membantu krama Bali kuliah dan menjadi SDM dokter dibandingkan mereka harus kuliah mahal keluar Bali.

Kedua, lokasi kampus dan labnya di Kota Denpasar, mudah dijangkau dengan biaya hidup yang murah juga.

(BP/Istimewa)

Di samping itu, FK Unmas Denpasar juga bekerja sama dengan RSUD Wangaya di Kota Denpasar yang menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama. FK Unmas Denpasar juga sudah menjalin kerjasama dengan RSUD Bangli dan RSU Bali Mandara.

Program Kedokteran yang dibuka mengambill konsentrasi kearifan lokal Bali yakni bidang Ethnomedicine yakni pelayanan kesehatan berbasiskan budaya. Termasuk mendukung Pergub Bali No 55/2019 soal Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali (Usadha Bali) dan obat herbal Bali yang sudah teruji secara klinis.

Baca juga:  Pariwisata Lesu, Petani Bali Kembangkan Pasar Antarpulau dan Ekspor

Pasien dilayani sesuai karakter budaya daerahnya masing-masing. Untuk menyelenggarakan program kedokteran umum Unmas Denpasar telah memiliki lab dan 32 dosen. Pusat perkuliahan di kampus pusat Jl. Kamboja Denpasar dan kampus baru FK Unmas Denpasar di Jl. Hayam Wuruk Denpasar.

Rektor Unmas Made Sukamerta didampingi WR I Prof. Dr. Wayan Gde Wiryawan S.H. M.,H., WR II, Dr. Nengah Landra, S.E. M.M., WR III Dr. I Komang Budiarta, S.Pd., M.Hum., M.Pd., menjelaskan bahwa Unmas Denpasar juga membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk 28 prodi lainnya termasuk program S-2. Khusus untuk S-1 Fakultas Petanian dan Bisnis, Fakultas Teknik, dan FKIP (kecuali Bahasa Inggris) digratiskan uang gedung. Jalur reguler gelombang I dibuka 6 Mei- 29 Juni gelombang II mulai 1 Juli -16 Agustus 2024.

Baca juga:  Disuruh Belajar di Rumah, Puluhan Pelajar Malah Lakukan Ini
(BP/Istimewa)

Lulusan SMA dan SMK di Bali bisa memilih FH (S-1 Hukum dan S2 Hukum), Fak. Teknik (Teknik Sipil, Teknik Lingkungan dan Teknologi Informasi). Fak. Bahasa Asing (S1 Sastra Inggris dan S-1 Sastra Jepang). Fak. Farmasi (S1 Farmasi dan D-III Farmasi), Fak. Kedokteran (S1 Kedokteran dan Program Profesi Dokter), FKG (S-1 Kedokkteran Gigi dan Program Profesi Dokter Gigi).

Pascasarjana S2 Perencanaan Wilayah dan Pedesaan, Fak. Ekonomi dan Bisnis (S1 Akutansi, S2 Akuntansi, S1 Manajemen dan S2 Manajemen). Fak. Pertanian dan Bisnis (S1 Agribisnis, S1 Agroteknologi), FKIP (S1 Pendi. Bahasa Inggris, Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, Pend. Matematika, Pend. Sejarah, Pend. Biologi dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *