Wakil Bupati Karangasem yang juga Ketua TPPS Kabupaten Karangasem, Dr. I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H., pada Malam Penghargaan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 Tahun 2024 yang dilaksanakan pada 28 Juni 2024 di Jawa Tengah. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kabupaten Karangasem menjadi salah satu dari 15 kabupaten/kota di Indonesia yang meraih Tanda Penghargaan Program Percepatan Penurunan Stunting. Penghargaan ini diberikan kepada daerah dengan prevalensi stunting terendah berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ketua TPPS Kabupaten Karangasem, Dr. I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H., pada Malam Penghargaan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 Tahun 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2024 di Merapi Grand Ballroom PRPP Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan oleh Brigjen TNI Octa Heru Ramzi dari Kementerian Pertahanan.

Baca juga:  Ini, Tujuh Pimpinan OPD di Pemkab Karangasem Hasil Lelang Jabatan

Dr. I Wayan Artha Dipa mengungkapkan, rasa bangganya atas pencapaian ini. “Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dalam menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Karangasem. Kami akan terus berupaya untuk mencapai target 5% di tahun 2024,” ujarnya.

Artha Dipa mengatakan, pencapaian ini diraih berkat keberhasilan Kabupaten Karangasem menurunkan prevalensi stunting hingga 6,4% berdasarkan hasil SKI Tahun 2023, turun dari 9,2% pada tahun 2022. Trend penurunan ini membuat Kabupaten Karangasem optimis mampu mencapai target prevalensi stunting sebesar 5% pada tahun 2024.

Baca juga:  Kembali Naik ke 3 Digit, Ini 3 Daerah Penyumbang Terbanyak Tambahan Kasus

“Kerja sama antara pemerintah daerah, petugas kesehatan, dan masyarakat sangat penting dalam upaya ini. Kami mengajak semua pihak untuk terus berperan aktif dalam pencegahan dan penanganan stunting,” kata Artha Dipa.

Dia menjelaskan, penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa upaya pemerintah daerah dalam mengurangi angka stunting melalui berbagai program kesehatan dan gizi telah membuahkan hasil yang signifikan. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *