Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak (kanan) dan Ketua Partai Buruh Inggris Keir Starmer menghadiri upacara Remembrance Sunday di Cenotaph, di Whitehall, London, Inggris, Minggu (13/11/2022). (BP/Ant)

LONDON, BALIPOST. com – Pemilihan parlemen Inggris dimenangkan Partai Buruh, dengan perolehan lebih dari 326 kursi yang dibutuhkan untuk memperoleh mayoritas di Majelis Rendah parlemen Inggris.

Partai tersebut memenangkan 363 kursi, karena 527 dari 650 daerah pemilihan telah mengumumkan hasil.

Saat berbicara setelah kemenangan pada Jumat pagi, pemimpin partai tersebut, Keir Starmer, mengatakan perubahan dimulai sekarang. “Kita berhasil!” kata Starmer kepada para anggota partai yang bersorak sorai, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (5/7).

Starmer mengatakan, tanggung jawab besar datang bersama mandat Partai Buruh, seraya menambahkan bahwa kita harus mengembalikan politik ke layanan publik sehingga politik dapat menjadi kekuatan bagi kebenaran.

Baca juga:  Kotak Hitam Kedua dari Pesawat China Eastern Ditemukan

“Jangan salah, itulah ujian besar politik di era ini. Perjuangan untuk mendapatkan kepercayaan adalah perjuangan yang menentukan di zaman kita,” katanya.

Starmer mengatakan bahwa nilai-nilai partai Buruh yang berubah ini adalah prinsip pendorong bagi pemerintahan baru: negara pertama, partai kedua.

Sebuah jajak pendapat memprediksi Partai Buruh akan memenangkan 410 kursi di Majelis Rendah, sementara Partai Konservatif diperkirakan akan memperoleh 131 kursi.

Baca juga:  Alami Peningkatan Ratusan Kasus Positif COVID-19, Kota di Inggris Ini akan "Lockdown"

Starmer akan menggantikan Rishi Sunak sebagai perdana menteri baru menurut hasil jajak pendapat tersebut.

Sunak diperkirakan akan menyampaikan pidato perpisahan di Downing Street pada pagi harinya sebelum mengunjungi Raia Charles III untuk secara resmi menyerahkan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri.

Starmer selanjutnya akan pergi ke Buckingham Palace untuk menerima tugas membentuk pemerintahan baru dari raja, sebelum berpidato di Downing Street Nomor 10.

Jutaan pemilih di seluruh Inggris memberikan suara mereka untuk memilih 650 Anggota Parlemen di Majelis Rendah Parlemen.

Baca juga:  Masa Demo Padati Gedung Parlemen

Partai Konservatif tengah-kanan telah memerintah negara tersebut sejak 2010. Setelah memperoleh kemenangan dalam tiga pemilihan umum terakhir – 2015, 2017, dan 2019 – partai tersebut diperkirakan akan memenangkan 131 kursi.

Jajak pendapat keluar atau exit poll menunjukkan bahwa Partai Demokrat Liberal (Lib Dems) akan memenangkan 61 kursi, partai Reform UK akan memenangkan 13 kursi dan Partai Nasional Skotlandia (SNP) 10, sementara kandidat independen dan lainnya akan memperoleh 25 kursi. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *