Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah Piala Eropa. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Lamine Yamal mencatat sejarah baru dalam Piala Eropa. Yamal menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah Piala Eropa.

Yamal, seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah Euro dalam usia 16 tahun 362 hari.

Dia mencetak gol penyeimbang saat Spanyol mengalahkan Prancis 2-1 dalam semifinal Euro 2024 di Stadion Allianz Arena pada Rabu (10/7).

Baca juga:  Lama Berjuang Lawan Kanker, Eddie Van Halen Akhirnya Berpulang

Meski baru berusia 16 tahun, Yamal telah menjadi andalan Spanyol dalam kompetisi ini. Pemain Barcelona sudah menjalani pertandingan Spanyol yang lima di antaranya menjadi starter.

Dia telah membuat satu gol dan tiga assist untuk Spanyol selama Euro 2024.

Yamal mencetak gol spektakuler pada menit ke-21 setelah menerima bola di sisi kiri sebelum menusuk ke tengah dan melepaskan tendangan kaki kiri melengkung dari luar kotak penalti.

Baca juga:  Karateka Inkai Bali Ikuti Kejurnas Virtual

Bola sepakan Yamal mengarah ke pojok kiri gawang yang tak bisa dijangkau kiper Prancis Mike Maignan.

Gol tersebut membuat Yamal memecahkan rekor pencetak gol termuda yang dipegang pemain Swiss, Johan Vonlathen, sejak Piala Eropa 2004.

Vonlathen saat itu berusia 18 tahun dan 141 hari ketika mencetak gol melawan Prancis. Yamal sendiri akan menginjak usia 17 tahun pada 13 Juli atau sebelum laga final Piala Eropa 2024.

Baca juga:  Belgia Kalahkan Rumania 2-0

Partai final Piala Eropa 2024 sendiri akan berlabuh di Stadion Olimpiade Berlin pada 15 Juli. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *