Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir (tengah) berfoto bersama dengan jajaran panitia penyelenggara Piala Presiden 2024. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gelaran Piala Presiden 2024 siap bergulir mulai 19 Juli di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat. Piala Presiden tahun ini menjadi gelaran keenam sejak pertama kali bergulir di 2015 lalu.

Selain di Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, turnamen ini juga digelar di Stadion Manahan, Solo dan Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Piala Presiden 2024 kali ini memperebutkan hadiah uang sebesar Rp5 miliar bagi pemenangnya. Ajang pramusim paling bergengsi di Indonesia ini akan diikuti 8 tim Liga 1. Delapan tim dibagi ke dalam 2 grup. Masing-masing grup berisi 4 tim.

Persib merupakan juara dalam Piala Presiden perdana. Pada edisi Piala Presiden berikutnya, Arema FC tiga kali keluar sebagai juara. Yaitu masing-masing pada 2017, 2019, dan 2022. Sementara di edisi 2018, Persija Jakarta keluar sebagai pemenang.

Baca juga:  Pelaksanaan Piala Dunia U20, Indonesia Masih Berupaya Lobi FIFA

“Pembukaan di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 19 Juli 2024. Insya Allah bapak Presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini juga memperbaiki animo masyarakat yang sekarang menunggu ada perbaikan di liga,” ungkap Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

“Panitia penyelenggara (Sterring Committee) Piala Presiden di bawah pak Maruarar Sirait sudah mengumpulkan dana besar. Hadiahnya Rp5 M untuk juara satu,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait, mengatakan dirinya sudah melaporkan roadmap Piala Presiden 2024 kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, pria yang akrab disapa Ara tersebut sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholders terkait. Khususnya perihal keamanan dari TNI dan Polri, menemui Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga:  UMK Bangli Naik Rp 170 Ribu, Ini Besarannya

“Piala Presiden adalah role model dalam transparansi. Nanti tidak ada uang negara. Baik itu dari BUMN, APBN maupun juga dari APBD. Tetapi semuanya dari sponsor. Dari swasta murni karena kita ingin membangun industri olahraga,” ungkap Maruarar Sirait.

Maruarar Sirait yang sebelumnya tercatat sebagai Ketua SC Piala Presiden 2015, 2017, 2018, dan 2019 menegaskan, hadiah sebesar Rp5 miliar untuk klub pemenang bisa didapat karena pergelaran Piala Presiden selalu mengedepankan transparansi. Seperti di event Piala Presiden sebelumnya, untuk kali ini Ara kembali menggandeng Pricewaterhouse Coopers (PwC) untuk mengaudit perputaran uang yang terjadi di ajang pramusim tersebut. (Suka Adnyana/balipost)

Baca juga:  Cuaca Ekstrem, Taman Nasional Baluran Tutup Sementara

Berikut pembagian grup di Piala Presiden 2024 :

  • Grup A bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Mereka adalah tuan rumah Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar.
  • Grup B yang diisi Arema FC, Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Dua tim teratas masing-masing grup lolos ke semifinal, sedangkan laga semifinal sampai final digelar di Stadion Manahan, Solo.

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *